Kecuali BUSWAY ??


Tadi sore saat saya jalan-2 dengan keluarga, anak saya bertanya :

“Pak, kok tulisannya Kecuali busway?”

Pertanyaan sederhana seperti itulah yang juga sering ada di benak saya.

Sejak awal ada busway saya tergelitik dengan istilah dan bahasa yang digunakan masyarakat umum, fenomena busway seakan sudah meresap dalam pikiran dan tutur kata masyarakat.

Sering saya dengar percakapan sederhana seperti ini :

A : “kok terlambat?”

B : “iya nih nunggu busway”

atau “kalau mau lancar naik busway aja”

Istilah semakin meluas dan juga digunakan di rambu-2 BUSWAY di seluruh Jakarta

Sebagai orang awam dalam ilmu bahasa, maka saya coba mereka-reka dengan pengetahuan sederhana saja.

Saya coba terjemahkan istilah asing tersebut kedalam Bahasa Indonesia

BUSWAY = Jalan Bus, bisa juga jalur bus

Semakin bingung melihat penggabungan Bahasa Indonesia dengan bahasa asing

KECUALI BUSWAY.

Kecuali (Bahasa Indonesia) + Busway ( Bahasa Inggris)

KHUSUS BUSWAY

Khusus (Bahasa Indonesia) + Busway (Bahasa Inggris)

OK, kita abaikan saja lah penggabungan dua bahasa yang membingungkan itu, saya akan gunakan saja Bahasa Indonesia, maka akan didapat kata :

“KECUALI JALUR BUS” dan “KHUSUS JALUR BUS”

Saya coba terapkan di moda tranportasi lain :

  1. Kereta Api, maka di atas rel akan ada tulisan “Kecuali Railway” dan “Khusus RailWay” / kecuali jalur kereta?
  2. Mobil : “Kecuali MobilWay”
  3. dan seterusnya

hihihi… lucu juga ya istilah di rambu-2 itu, saya masih ga mudeng apa sih pengertian dan maksud Kecuali Busway ? padahal busway kan artinya jalur bus? dan diatas jalur itu ada tulisan kecuali jalur bus?? lha? trus moda transportnya (BUS) lewat mana? saya makin bingung..

Kalau maksud dari rambu itu seperti ini : “selain bus dilarang masuk jalur ini” maka saya rasa cukup dipasang tulisan “Jalur Khusus BUS”

bagaimana kalau dipasang KHUSUS BUSWAY (Khusus jalur bus) berarti jalur tersebut khusus jalur BUS ??? lho? koq? hahaha semakin bingung kan?

Tambah bingung lagi dengan istilah yang digunakan orang, “saya mau ke Blok M naik BUSWAY… Lha? bagaimana ini… berarti kalau dia naik motor dia akan bilang naik ASPALWAY? halllahhh saya semakin mumet…

oooo mungkin maksudnya mau pergi ke Blok M menggunakan / naik Bus TransJakarta

Kalau memang begitu pengertiannya saya bisa juga dong bilang, mau ke Surabaya naik RailWay, atau mau nyebrang ke Sumatera naik SeaWay…

Aneh juga koq yang disebut jalurnya bukan jenis moda transportasinya..

Ada pendapat bahwa itu sudah menjadi bahasa serapan, sehingga masyarakat menyebut Bus TransJakarta dengan istilah BUSWAY… entahlah istilah itu ditinjau dari sudut pandang tata bahasa Indonesia betul atau tidak, kalau betul maka resmikan saja sekalian istilah pergi ke Jogja naik RAILWAY atau terbang ke Hongkong pakai AIRWAY, atau nyebrang ke Bali naik SEAWAY, nyebrang sungai pake rakit diganti jadi menyebrang pakai RIVERWAY.

Setelah otak atik ga karuan saya temui ada 2 kejanggalan, kata-2 yang tercantum di rambu dan istilah kata yang digunakan masyarakat.

Ada yang bisa bantu saya untuk mencerahkan hal ini? Terima kasih sebelumnya kalau ada yang bisa membantu saya mengurai istilah ini

hehehe ga penting banget ya ngebahas istilah ini… masa bodo ah sedang iseng aja

salam busway

One thought on “Kecuali BUSWAY ??”

  1. Inilah potret pejabat negara ini yang tidak mau bangga pada bahasa bangsanya, mengabaikan sumpah pemuda, malah bangga menggunakan bahasa secara salah. Kritik langsung pun sudah pernah disampaikan, namun lenyap ditiup angin lalu. Ini juga salah satu gambaran logika yang tidak logis. Tampaknya para pengelola perlalulintasan tidak memahami watak rambu yang berupa larangan, petunjuk, anjuran, peringatan.
    Tunggu saja kita (bangsa ini) marah bila sudah ditertawakan bangsa lain, atau Bahasa Indonesia diaku sebagai Bahasa Malaysia.

Tinggalkan Balasan

