Valentine DownHill Competition 2011

Minggu 13 Feb 2011, sehari menjelang Valentine Days… Ratusan goweser sudah berkumpul di tempat parkir Wisata Alam Gunung Pancar, rekan-rekan saya dari bandung sudah merapat dari pagi… Entah jam berapa mereka berangkat dari sana

Kelas perlombaan dibagi menjadi :
Kelas Newbie
Kelas Women Open
Kelas Junior Open

Kelas Master A,B,C

Kelas Man Open

Kelas Hardtail Open

Jumlah peserta hanya dibatasi sebanyak 100 goweser, jam 08.30 sudah ditutup, dan ternyata Downhill juga bisa dilakukan menggunakan sepeda hardtail…ckckckckc…

Di Tempat parkir seluruh peserta terlihat sibuk mempersiapkan tunggangannya, semua berusaha mempersiapkan sepedanya seoptimal mungkin, sementara itu penonton menunggu di beberapa tempat, warung yang ada di area parkir itu mendadak ramai oleh pengunjung.

Hit pertama, newbie… Peserta2 newbie mulai menuruni track DH Sebex, cuaca cerah mendukung… Kondisi tanah dingin-dingin empuk sehingga ban mencengkaram dengan baik… Tentunya speed bertambah..

Untuk mencapai titik start peserta dan sepedanya diangkut mobil pickup yang memang sudah disiapkan, beberapa mobbil pickup terlihat mondar-mandir naik turun untuk menganggkup peserta lomba

Waktu yang ditempuh kelas newbie bervariasi antara 3,5 menit sampai 4,5 menit, khusus kelas newbie dilarang melewati beberapa rintangan seperti table top, dan beberapa area drop off, chicken way menjadi jalur mereka.

Di garis finish disediakan tempat untuk drop off… Beberapa peserta sudah lewat dengan selamat dan berhasil loncat lumayan tinggi

Usai kelas newbie, junior man dan junior women saya menyusuri track ke atas, table top batu tujuannya, disana beberapa fotografer sudah standby di posisi masing-masing.

Area ini cukup luas, diawali dengan tikungan tajam dari atas, goweser masih mempunyai space untuk pedalling sebelum mencapai batu… Serrrrr serrrrrrr JUMP !!!!!

Tempat landing cukup berbahaya karena langsung tikungan dan pohon pinus di kiri kanan landing area, skill yang baik dan kondisi sepeda yang prima sangat menentukan, pernah ada beberapa kejadian rider mendarat dengan sempurna di pohon laksana boneka garfield nempel di dinding.

Jam 12.10 seluruh kelas selesai hit 1, ada waktu istirahat 1,5 jam.

Disela-sela waktu istirahat kami bergerak ke titik start, upsss.. Ada podium… *tingggg pikiran iseng datang… Idan, andre dan sanusi foto2 di podium itu.. Hahahaha lumayan udah ngerasain berdiri di podium.

Beberapa peserta kelas master A dan master B masih berlatih, rasa penasaran saya mulai naik… Hmmmm ada 3 sepeda nganggur nih, TREK Session 88 dan Specialized Demo 8..

He he he …. Helm ada, sepeda ada, track kosong… Saya test aja… Pertama pake TREK…. Tempat start di atas kosong.. Suasana mendukung..

Test pertama menggunakan sepeda TREK Session 88, helm pinjeman…. Saya mulai start pedaling satu kali 2 kali terus pedaling dan di jumpingan pertama loncat tinggi dannn bablassss…. Gedebuggg!!!! Gusrakkk !!!!…. hihihihi… saya jauh ke pinggir brem… enak juga euy jatuhnya…

Penasaran karena loncatan awal kurang baik, saya coba lagi, kali ini pake Specialized Demo 8 punya Andre… seperti biasa, helm pinjem juga.. hehehe… saya naik lagi ke podium start, pengalaman pertama tadi menjadi pelajaran baik bagi saya… kali ini saya hanya pedaling 3 kali saja daannnn JUMPPPP!!!!! Lumayan loncat tinggi dan perfect landing…. Uhuyyyy…. Sayang tempat jumping kurang tinggi euy…

Andre Wang, Idan dan bismo penasaran juga, berkali-kali kami mencoba jumpingan itu… tak terasa sebentar lagi start Hit 2 dimulai, beberapa peserta mulai siap-2 dan saya bergerak ke bawah mencari posisi enak untuk foto.

Hit 2 ini berlangsung lebih sengit, beberapa peserta berusaha mencatat waktu terbaiknya, penilaian akan diambil dari waktu terbaik mereka, beberapa kali saya melihat peserta jatuh, ternyata ada 2 peserta yang sempat patah tulang, dan 3 orang terkilir, beberapa orang bilang DownHill berbahaya, namun berdasarkan data hari ini tercatat hanya 2 % patah tulang dan 3% terkilir, total 5% perserta mengalami musibah… saya pikir itu bukan angka yang terlalu besar… protector, skill, mental dan performa sepeda sangat mendukung keselamatan peserta.

Walau ada yang kena musibah perlombaan tetap berlangsung, semakin sore semakin ketat persaingannya, Riva Bonnety nempel nempel goweser di depannya, lumayan tertekan tuh pembalap..hahahaha…

Perlombaan usai jam 17.00… seru juga hari ini, next time saya dan KHS Velvet pasti akan kembali kesini untuk latihan di track ini… salut terhadap sporifitas dan persaudaraan goweser…

dan hasilnya sebagai berikut… hebat euy Ridwan Agustin dan Andre Wang masuk 10 Besar padahal baru pertama kali ikutan even seperti ini

Salam gowes

One thought on “Valentine DownHill Competition 2011”