Lilin & Ilmu Pengetahuan


Teringat perkataan ayah saya saat kecil dulu… “Ilmu Pengetahuan Itu Seperti Cahaya Sebatang Lilin, Potong Dan Bagikan Ke Sekitarmu… Maka Cahayanya Akan Semakin Menerangimu”

Saat kecil dulu saya tinggal di kompleks perumahan dosen ITB, Kanayakan Dago. Malam itu rumah kami mati lampu… seperti layaknya kebiasaan anak-anak kecil, saya dan kedua adik saya, Ninil dan Aji ribut tidak jelas… hahaha… antara senang dan takut, waktu itu saya masih kelas 5 SD.

Ayah saya mengambil lilin dan memanggil kami bertiga, kemudian dia berkata kepada ibu. “bu.. coba patahkan lilin itu dan berikan ke Eko…”

Setelah menerima lilin dan dinyalakan, ayah saya berkata lagi, coba patahkan lagi dan bagilah kepada 2 adikmu…” malam itu lilin sudah dipatahkan menjadi lima bagian kecil.

Setelah semua lilin dinyalakan, ayah saya berkata “Eko, lihat apa yang terjadi, sekarang lilinmu sudah dibagi ke adik-adikmu dan lihat cahayanya, sinar lilin itu akan semakin membuatmu terang karena :

“Ilmu Pengetahuan Itu Seperti Cahaya Sebatang Lilin, Potong Dan Bagikan Ke Sekitarmu… Maka Cahayanya Akan Semakin Menerangimu”

dan percayalah satu hal lagi bahwa lilin ilmu pengetahuan tidak pernah bertambah pendek dan habis, ilmu pengetahuan itu seperti lilin ajaib yang akan selalu bertambah panjang dan selalu akan bisa dibagi kepada sekitarmu.

Kata dan kejadian saat itu seolah terlupakan oleh Eko kecil yang masih bingung apa maksud kata itu.

Saat ini, setelah lebih dari 10 tahun menjadi pengajar saya mulai memahami apa yang pernah diajarkan kepada saya saat kecil dulu.

Saat ini, Alhamdulillah lilin saya selalu bertambah dan tidak pernah habis walau selalu saya patahkan dan saya bagikan kepada siswa-siswi saya.

Saat ini, saya masih terus berbagi lilin dengan orang-orang yang bersedia menerimanya, dan selanjutnya saya hanya bisa memberi bekal lilin dan satu kotak korek api ajaib kepada mereka, korek api tersebut tidak akan pernah habis andaikan mereka selalu menyalakan lilin-lilin yang pernah saya bagikan…

percayalah satu hal… lilin dan korek api tersebut akan selalu ada. Saya sudah membagikan lilin dan korek api, silakan dilanjutkan berbagi dengan sekitar anda, percayalah…. “Sinarnya akan semakin menerangimu

Saat ini mungkin anda belum paham apa maksudnya, sama seperti saya dulu, silakan berbagi ilmu pengetahuan dan anda akan paham tentang filosofi lilin tersebut

Selamat berbagi

5 thoughts on “Lilin & Ilmu Pengetahuan”

  1. dan bila ilmu pengetahuan itu bermanfaat terus menerus, kelak akan menjadi cahaya yang terus benderang, menemani hingga akhirat nanti…

    _nice post🙂 _

    1. aminnn…. salah satu hal yang menyemangati saya untuk selalu berbagi adalah hal ini… pahalanya akan selalu melekat sampai kapanpun

  2. Cerita ini sudah dilontarkan ketika saya menjadi salah satu mahasiswa dari Pak Eko, dan saya menyadari jikalau saya telah diberikan lilin yang sangat berharga oleh beliau ketika saya bisa aplikasikan ilmu pengetahuan itu ke kehidupan saya.

    Jadilah sumber-sumber lilin yang baru untuk kemajuan bangsa yang global.

    Fabulous post from great writer ….. keep it up bro!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s