Try It One More Time


Kadang-kadang Tidak Masalah Melakukan Kesalahan yang Sama Lebih Dari Sekali, Bukankah Itu Cara Kita Belajar Berjalan dan Naik Sepeda?

Prinsip ini yang selalu saya tanamkan dalam benak mahasiswa dan anak saya, mereka selalu saya ingatkan akan hal yang satu ini.

Banyak siswa yang takut bertanya, takut melakukan sesuatu, kadang anak saya takut melakukan kesalahan ketika akan mengerjakan sesuatu. Mereka seakan dihalangi oleh kata “salah“, kalau salah berarti akan ditegur, ditegur berarti malu.

Paradigma seperti ini yang sedang berusaha saya hilangkan dari benak siswa dan anak saya, berkali-kali saya katakan, “Ayo kerjakan sampai salah”

Bagi saya apabila mereka mengerjakan sesuatu dan salah adalah prestasi bagi mereka sendiri karena mereka sudah bisa menembus rasa takut dan ragu.

Bahkan saya sering katakan pada mereka, “Apa jadinya kalian hari ini kalau dulu saat belajar berjalan kalian jatuh dan kapok untuk mencoba berdiri lagi, maka hari ini kalian tidak akan pernah bisa berjalan di atas kaki sendiri, kesalahan berulang ini pula yang selalu kita lakukan saat belajar sepeda roda dua”

Alhamdulillah sebagian besar siswa sudah berani nekat menjawab dan melakukan sesuatu tanpa takut salah, anak sayapun demikian, dia selalu berani mencoba sesuatu tanpa takut salah.

Mereka berbuat salah karena mencoba melakukan sesuatu,  dan mereka yang tidak pernah bersalah berarti mereka belum berani mengambil resiko untuk melakukan sesuatu, jadi silakan lakukan sesuatu sampai salah dengan satu catatan : lakukan terus sampai bisa dan menjadi benar

 

Tinggalkan Balasan

