Mahasiswa Jaman Sekarang


Bertahun-tahun menjadi pengajar menjadikan saya banyak belajar mengenai perilaku dan karakter mahasiswa/i maupun dosen, sering ada kata-kata abadi dari kalangan yang lebih tua, biasanya tercetus kata seperti ini “Mahasiswa jaman sekarang tidak seperti dulu….. bla bla bla bla….

Kata-kata itu selalu terulang oleh setiap generasi sejak dulu saya kecil sampai hari ini, dab yang membuat saya aneh selalu tersirat dari ucapan mereka bahwa di jamannya mereka dulu lebih baik dari jaman sekarang, misalnya ada kata-kata : “Mahasiswa sekarang tidak seperti saya mahasiswa dulu, jaman dulu kalau buat laporan pakai mesin tik, mahasiswa sekarang sudah pake komputer tapi koq masih males buat tugas?”

hahaha, masalah males atau rajin mah bukan dari alatnya, tapi dari diri mahasiswa itu sendiri…

Walau belum lama jadi pengajar (sejak 1998) saya bersyukur karena selalu bisa berada di antara mahasiswa/i, saya jadi selalu tahu perkembangan dunia gaul ala siswa, lucu juga kalau diamati, perubahan gaya bahasa, istilah, tempat nongkrong, gaya busana dan lainnya

Selang beberapa tahun mengajar saya merasakan ada yang perlu dirubah menghadapi mahasiswa/i jaman sekarang yaitu metode penyampaian ilmu dari pengajar ke mahasiswa.

Mahasiswa jaman sekarang berbeda dengan mahasiswa jaman dulu, ya pasti dong beda, namun yang penting adalah bagaimana cara pengajar melakukan pendekatan terhadap mereka.

Kadang saya dianggap dosen kontroversial karena metoda-metoda saya agak aneh bagi beberapa pengajar.

dibawah ini adalah sedikit contoh metoda yang saya terapkan

  • Apabila saya salah dalam menyampaikan materi dan anda memberi tahu saya dan bisa menunjukkan bukti maka anda akan dapat nilai tambah
  • Pertanyaan salah anda akan menjadi ilmu pengetahuan bagi siswa lain, oleh karenanya anda tidak perlu takut salah dalam bertanya
  • Soal ujian selalu saya kembalikan untuk menjaga objektivitas penilaian saya terhadap anda
  • Tugas-tugas mandiri yang saya berikan selalu berbeda setiap tahunnya dan saya usahakan mahasiswa mampu mengembangkan kreativitasnya tanpa harus copy paste dari tugas-tugas sebelumnya
  • Diluar kelas saya bisa menjadi teman dan sahabat mereka
  • Suasana kelas saya buat seperti dirumah mereka sendiri sehingga mereka bebas mau tanya apa saja, bebas mau komentar apa saja
  • dan lain-lain (akan disampaikan di tulisan berikutnya)

Untuk memagari semua itu agar tidak  keluar batas maka saya terapkan disiplin tanpa toleransi dan akibatnya terasa positif bagi mahasiswa dan pengajar.

Cara-cara diatas mungkin sudah diterapkan juga oleh beberapa pengajar namun juga ditentang juga oleh beberapa pengajar,  jawabannya akan kembali ke judul tulisan ini ” Mahasiswa Jaman Sekarang” memang beda dengan jaman dulu, sehingga cara-cara ini akan segera usang beberapa tahun lagi karena nanti di tahun-tahun depan ada perkataan yang sama

“Mahasiswa Jaman Sekarang” beda dengan jaman dulu… hahahaha tidak akan pernah habis…. tapi di balik semua itu Mahasiswa Jaman Sekarang memang harus berbeda karena mereka harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman

Berarti kalimat  “Mahasiswa Jaman Sekarang” tidak sama dengan jaman dulu tidak akan pernah usang dimakan jaman dan mahasiswa jaman sekarang akan berkata : “Dosen jaman dulu berbeda dengan dosen jaman sekarang

Oleh karenanya, jadilah mahasiswa dan dosen yang selalu mengembangkan diri dan mengikuti perkembangan jaman tanpa pernah kehilangan nilai-nilai positif dari mahasiswa dan dosen jaman dulu

selamat belajar mahasiswa/i ku tercinta semoga kalian segera mendengarkan lagu dibawah ini, sebuah lagu yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiwa/i

Gaudeamus igitur, Juvenes dum sumus
Gaudeamus igitur, Juvenes dum sumus

Post jucundum juventutem, post molestam senectutem
Nos habebit humus… Nos habebit humus…

Vivat academia, Vivant professores
Vivat academia, Vivant professores

Vivat membrum quodlibet, Vivat membra quaelibet
Semper sin in flore… Semper sin in flore…  ”

3 thoughts on “Mahasiswa Jaman Sekarang”

  1. Selamat malam pak, saya adalah mahasiswa yang dulu Bapak ajar saat saya kuliah, belum lama sih pak saya lulus.🙂 Terima Kasih pak atas bimbingan, pertolongan, dan pengetahuan dari Bapak selama ini, amat sangat berharga bagi saya saat ini. Tetep sukses pak mebimbing mahasiswa-mahasiswa nya, amien.🙂

    1. Alhamdulillah kalau ada ilmu yang berguna, senang mendengar kamu sudah lulus, membimbing mahasiswa itu seperti membagikan lilin ilmu pengetahuan, thanks doanya.

Tinggalkan Balasan

