Gaudeamus Igitur


Siang ini saya ada jadwal mengajar di kampus, wajah-wajah calon penerus bangsa terlihat di sekitar kampus, kadang saat-saat seperti ini mengingatkan saya masa-masa kuliah dulu, sudah lebih dari satu dekade saya tinggalkan kampus ini sebagai mahasiswa dan hari ini saya datang sebagai dosen.

Kisah-kisah masa kuliah seakan tak pernah hilang dari benak saya, dan hari ini ada pelepasan mahasiswa/i yang akan berangkat PKL, refleks saya buka account twitter saya..

Timeline saya berisi kicauan siswa/i yang akan berangkat PKL, senang, bangga, sedih, dan banyak harapan tergambar dari kicauan mereka siang itu, kicauan mereka membawa pikiran saya melayang ke masa-masa PKL dulu, harapan untuk bisa mendengar lagu Gaudeamus Igitur di gedung wisuda seakan memberi semangat untuk PKL

Harapan saya dan teman-teman untuk mengenakan toga seakan selalu memberi semangat dan kekuatan untuk berangkat PKL

Perjuangan kami dimulai dengan bridging programe dan berangkatlah kami ke Denpasar, Bali… 7 Juli 1996

Hari hari PKL kami di Denpasar diisi dengan suasana Airport Ngurah Rai dan Pantai Kuta tentunya… hahahaha…. masa-masa indah dan menjengkelkan itu sudah lama berlalu, tinggal tersisa kenangan dalam foto saja

Masa-masa indah yang tak terlupakan bersama sahabat-sahabat kuliah yang menjengkelkan dan tentunya suka dan duka bersama mereka selalu terasa sebagai kenangan menyenangkan sebagai mahasiswa

7 Januari 1997.. saatnya mengenakan Toga, pakaian yang selalu menjadi kebanggaan mahasiswa dan hari itu kami baru menyadari bahwa itu har-hari terakhir kami sebagai mahasiswa, hari wisuda sebetulnya hari perpisahan kami.. senang, sedih, bangga dan was-was akan masa depan campur aduk di benak kami semua

Lantunan lagu Gaudeamus Igitur yang dinyanyikan adik-adik kelas kami mengantar langkah kaki dosen dan guru besar menuju podium seakan menjadi lagu perpisahan kami… beberapa rekan wanita terlihat tetap cantik walau terlihat genangan air mata… air mata bangga dan sedih

Sekilas saya lihat pandangan bangga dari wajah orang tua siswa dia atas podium di belakang kami… semoga doa restu mereka akan memudahkan kami di masa depan dan kami bisa membuat mereka bangga

Hari ini saya hanya bisa berdoa semoga semua teman-teman kuliah saya sukses menjalani hidup ini, semoga kalian semua bisa menjadi contoh adik-adik kelas dan membawa nama baik kampus.

Hari ini saya hanya bisa termenung melihat adik-adik saya, mahasiswa saya berjalan tegap dan gembira saat akan memasuki acara pelepasan PKL, hari ini saya berdoa semoga adik-adikku dan mahasiswa/i ku diberi kekuatan dan kesehatan untuk menjalani PKL

Pada saatnya nanti kalian akan mendengat lantunan lagu yang sama dengan saya saat wisuda…. Gaudeamus Igitur (karenanya marilah kita bergembira)

Ayunkah langkah kalian dengan penuh keyakinan, dengar dan resapi arti dari lagu ini, satu langkah lagi kalian menjadi sarjana… selamat berjuang mahasiswaku, selamat PKL adik-adikku

Gaudeamus Igitur… lagu ini akan mangantar kalian menjadi sarjana pada saatnya nanti…

GAUDEAMUS IGITUR

Gaudeamus igitur
Juvenes dum sumus.
Post jucundam juventutem
Post molestam senectutem
Nos habebit humus.

Ubi sunt qui ante nos
In mundo fuere?
Vadite ad superos
Transite in inferos
Hos si vis videre.

Vita nostra brevis est
Brevi finietur.
Venit mors velociter
Rapit nos atrociter
Nemini parcetur.

Vivat academia!
Vivant professores!
Vivat membrum quod libet
Vivant membra quae libet
Semper sint in flore.

Vivant omnes virgines
Faciles, formosae.
Vivant et mulieres
Tenerae, amabiles
Bonae, laboriosae.

Vivant et res publica
et qui illam regit.
Vivat nostra civitas,
Maecenatum caritas
Quae nos hic protegit.

Pereat tristitia,
Pereant osores.
Pereat diabolus,
Quivis antiburschius
Atque irrisores.

terjemahan lagu :

Mari kita bersenang-senang
Selagi masih muda.
Setelah masa muda yang penuh keceriaan
Setelah masa tua yang penuh kesukaran
Tanah akan menguasai kita.

Kemana orang-orang sebelum kita
Yang pernah hidup di dunia ini?
Terbanglah ke surga
Terjunlah ke dalam neraka
Bila kau ingin menjumpai mereka

Hidup kita sangatlah singkat
Berakhir dengan segera
Maut datang dengan cepat
Merenggut kita dengan ganas
Tak seorang pun mampu menghindar

Panjang umur akademi!
Panjang umur para pengajar!
Panjang umur setiap pelajar!
Panjang umur seluruh pelajar!
Semoga mereka terus tumbuh berkembang!

Panjang umur para gadis!
Yang sederhana dan elok
Juga, hidup para wanita!
Yang lembut dan penuh cinta
Jujur, pekerja keras

Hidup negaraku!
Dan pemerintahannya
Hidup kota kami!
Dan kemurahan hati para dermawan
Yang telah melindungi kami

Enyahlah kesedihan
Enyahlah kebencian
Enyahlah kejahatan
Dan siapa pun yg anti mahasiswa
Juga mereka yang mencemoh kami

7 thoughts on “Gaudeamus Igitur”

  1. ketika saya lulus STMT Trisakti, seorang mantan manger cargo gapura mengirimkan sms yang kurang lebih terketik seperti ini:
    “selamat Emil atas kelulusan kamu, dan semoga kamu bisa jadikan ini awal karir kamu di masa depan kelak” – Beny-

    Thanks untuk Pak XO yang kasih kesempatan untuk karir pertama saya di Gapura.

  2. Subhanallahhhh,,,ekoooooo,,,,,,,,,,,,beruntungnya aku bisa menjadi bagian dari STMT yang dulu nggak kepikiran bgt kalo gede nanti gw jadi apa,,,,ternyata ,,,,ohh ternyata semua ilmu yg paling berguna sepanjang hidup yakni berbuatlah kebajikan sebanyak2nya umur kita didunia ini,menjaga tali silaturrahmi antar sesama,budi pekerti yang baik,kalau ilmu dan kepintaran hanya bonus tambahan dari Sang Maha Pencipta janganlah kau sombong,,,,Tapi indahnya kebewrsmaan tak akan terulang untuk kedua kalinya,,,,Rgds,Alumni STMT TRISAKTI sandy

    1. hahaha gajahhhh apa kabar? masih ada di ingatan gue lu ketakutan karena gue pasang kemenyan di kamar lu… hihihihi…

  3. ga kebayang 3 taunan lagi lulus kuliah gw kayak gimana yah om, ckckc inspiratif banget, *kuliah yang tambah bener

  4. Dear eko,,,gw speechless liat blog ini ,,rasa haru dan bangga bisa ketemu dgn teman2 yg menyenangkan,menyebalkan tapi semua ngangenin,,,,miss u PKL Denpasar you re the best team ever

Tinggalkan Balasan

