Laskar Pelangi Di Kelasku


Menjadi dosen mungkin impian beberapa orang namun menjadi dosen belum pernah ada dalam mimpi saya sejak kecil dulu… dan kali ini saya mengajak mahasiswa/i saya untuk bermimpi

Menjadi dosen harus selalu bisa mengikuti dinamika siswa, memahami kelemahan mereka dan membuatnya menjadi kekuatan tak tertandingi, saya selalu membuat mereka bermimpi saat mendengar tugas mandiri yang saya diinstruksikan… kadang menjadi mimpi buruk, kadang menjadi mimpi indah bagi mereka…

“Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya”

Mimpi memang merupakan kunci bagi siswa/i saya untuk mengerjakan tugas mandiri di semester ini,  saya paksa mereka untuk mimpi sampai menemukan ide untuk karya tulis mereka… mimpi mereka harus berbeda setiap minggunya, mimpi mereka harus orisinil…. semua itu untuk menaklukkan diri mereka sendiri demi masa depan mereka

Di minggu pertama mereka mengumpulkan tugas hasil mimpi buruknya semalam… saya bantai habis-habisan… kata-kata tajam dan menghujat hati seakan selalu ada untuk setiap siswa saya…. Laskar Pelangi di kelas saya

Minggu kedua…. kata-kata tajam terhadap saya mulai gencar masuk… Alhamdulillah ada yang mulai bereaksi… hal ini yang selalu saya tunggu… aksi reaksi… mereka mulai mengalami mimpi buruk… hahahaha

Pendapat-pendapat miring terhadap komentar saya seakan menjadi pemicu bagi saya untuk sesegera mungkin membentuk Laskar Pelangi di kelas saya menjadi Laskar yang tangguh

Laskar pelangi di kelas saya harus berjuang mengalahkan lebih dari 100 tulisan setiap minggunya untuk menjadi pucuk teratas tulisan di blog mereka

“Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia

Setiap hentakan saya terhadap mereka membuat otak dan imajinasi mereka terus menari dan mungkin itu adalah tarian kejengkelan… hahahaha…

Walau menjengkelkan mereka harus tetap mengerjakan tugasnya dan setiap Sabtu saya selalu bahagia melihat tawa renyah mereka kala melihat hasil karyanya ada di posisi atas…walau mungkin di balik tawa itu mereka menghujat saya dibelakang… tidak apa-apa nak.. kalian mungkin belum paham maksud baik saya… pada saatnya nanti kalian akan mengerti dan memahami semua ini

Minggu ini Laskar Pelangi saya mulai beranjak dewasa, mereka mulai bersyukur dan mencintai tugasnya karena mereka sudah mulai menemukan potensi diri yang selama ini masih terpendam…

Minggu ini saya bangga mempunyai mahasiswa yang tahan banting, mahasiswa yang bisa mengalahkan dirinya sendiri sebelum mengalahkan orang lain

Mahasiswa saya menjadi mahasiswa yang teguh berdiri di atas badai serta memiliki belas kasih terhadap temannya yang gagal, mahasiswa yang bangga dan teguh dalam kekalahan, jujur dan rendah hati serta berbudi halus dalam kemenangan

Tugas karya tulis mereka seakan mulai menjadi artikel yang ditunggu-tunggu oleh beberapa siswa dan pada saatnya nanti dunialah yang akan menanti tulisan-tulisan tajam mereka…. saya berharap itu terjadi

Minggu ini tulisan mereka seakan mewakili nama alamamater, dalam 3 minggu saja ribuan klik sudah tercipta di blog mereka, ribuan kata sudah mulai mewarnai dunia mereka yang selama ini hanya berisi ide terpendam, ribuan kata ini sekarang sudah mulai bermakna dan berguna bagi orang-orang di sekitarnya, karya mereka ada di : http://kumpulankaryasiswa.wordpress.com/

Kebanggaan seorang dosen adalah saat melihat mahasiswanya berhasil, melihat mahasiswanya lebih sukses dari dirinya dan melihat semangat siswa yang tidak pernah padam…

“Laskar pelangi
Takkan terikat waktu
Jangan berhenti mewarnai
Jutaan mimpi di bumi”

Semoga semangat Laskar Pelangi di kelasku tak pernah berhenti dan selalu mewarnai dunia penerbangan, selalu menjadi Laskar Pelangi yang membanggakan Alamamaternya dan bisa menjadi contoh yang baik bagi adik kelasnya

Semoga Laskar Pelangi di kelasku diberi kerendahan hati agar dia dapat selalu ingat pada kesederhanaan dan keagungan asli, pada sumber kearifan dan pada kelembutan juga pada kekuatan asli.

Silakan terus berjuang Laskar Pelangiku.. tugas kalian masih banyak dan panjang… setelah kalian semua menyelesaikan tugas ini dengan baik maka saya akan memberanikan diri berkata… ” Kalian adalah Laskar Pelangi yang dapat dibanggakan”

16 thoughts on “Laskar Pelangi Di Kelasku”

  1. Bapak.. saya Terharu dan mau menangis baca tulisan bapak…

    Terimaksih ya Pak atas tempaan yang bapak berikan, hingga nanti kami mampu meraih mimpi kami… Jangan lelah pak.. heheheh🙂
    kami akan terus berusaha terus.. terus.. terus.. belajar hingga mimpi itu terwujud…

    “Menarilah dan terus tertawa karna dunia tak seindah surga,, ”🙂
    GBU
    Luv u pak…🙂

    1. teruslah menari nak… tarian di pikiranmu akan membawamu ke panggung besar di masa depanmu, terus berkarya tanpa pamrih sehingga hasil karyamu akan berguna bagi orang-orang disekitarmu

  2. Pertama saya baca ini kesan saya sangat menyentuh hati, memang tidak mudah untuk menjadi seorang dosen, tapi bapak telah membuktikan kalau bapak benar-benar berbeda dari dosen-dosen lainnya..

    Saya sangat speechless membacanya. YOU ARE TOTALLY DIFFERENT FROM OTHERS…

    Tulisan bapak menyadarkan saya bahwa dibalik tugas mandiri yang bapak berikan, ada makna yang terpendam yang ingin bapak sampaikan…

    THANKS A MILLION

    1. Melihat siswa lebih sukses dari dosennya adalah impian setiap dosen

      Tugasmu sebagai siswa adalah mewarnai lembaran kosong di benakmu sehingga warna dan wujudnya terlihat indah bagi semua orang, teruslah memberi warna dunia dengan jutaan warna yang ada di pikiran dan tindakanmu

  3. Ketika sebagian orang bermimpi untuk bisa mengeyam dunia pendidikan, tetapi sebagian mahasiswa/i saya takut untuk mewujudkan mimpi-mimpinya…
    ketika mimpi pada saat ini begitu mahal sehingga sulit diwujudkan…
    Semoga laksar-laksar pelangi kita ke depannya berani mewujudkan mimpi-mimpinya…..

  4. Saya terharu bacanya Pak, meskipun saya ga pernah di ajar sama bapak, ga pernah ngerasain tajemnya kata-kata bapak, tapi dengan baca ini saya jadi ikut termotivasi. Tetap semangat ya Pak dalam mengajar laskar pelangi-laskar pelangi nya😀 meskipun banyak caci maki dan gerutu untuk bapak. Hehe

  5. boleh jujur pak saya merasa sangat terima kasih atas semua yang telah bapak berikan selama dikelas dan selama di kantor sekarang. banyak sekali pelajaran yang saya ambil dari bapak. MIMPI semoga mimpi saya bisa terwujud pak. terima kasih pencerahannya pak dalam tulisan ini membuat saya semangat🙂
    sukses terus pak eko🙂

  6. berarti bapak harus berterima kasih kepada mereka yang membenci dan menghujat bapak karena tanpa bapak sadari para haters seperti mereka lah bapak bisa seperti ini.

  7. sebelum bapak menyanjung laskar pelangi bapak..
    nama bapak bisa sebesar ini kerena bantuan dari pada haters bapak
    maka dari itu
    jangan hanya memberi sanjungan kepada laskar pelangi bapak, namun berilah ucapan terima kasih juga kepada haters bapak
    thank’s

Tinggalkan Balasan

