Track MTB JPG Kecil, “Skill-Power-Balance”

JPG Mountain Bike Park, tempat wisata sepeda yang terletak di wilayah BSD City. Berbagai kalangan mulai dari pelajar, karyawan, pengusaha, penduduk sekitar dan artis selalu menyempatkan diri untuk wisata sepeda di track legendaris ini.

JPG Mountain Bike Park mudah dijangkau dari segala arah, bagi anda yang belum pernah bisa mencapai tempat ini dengan mudah, check point anda adalah Polsek BSD di seberang BSD Auto Parts, masuk saja jalanan disebelah Polsek BSD, kira-kira 1 km anda akan menemukan kerumunan sepeda di sebelah kiri anda

Sabtu dan Minggu baik pagi maupun sore adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi jalur ini, bisa dilakukan sendiri maupun bersama keluarga.

Semakin hari semakin banyak goweser yang masuk track ini, awalnya pengurus hanya menyiapkan jalur wisata sebagai alternatif bagi yang ingin santai dan karakter tracknya tidak terlaku technical, tidak seperti jalur utama yang memerlukan skill tersendiri untuk dapat melaluinya

Kali ini sudah disiapkan juga jalur yang lebih pendek, hanya sekitar 2 km saja, jalur ini dinamakan JPG Kecil  jalur ini bisa digunakan untuk pemanasan sebelum masuk ke jalur utama JPG

Karakter JPG kecil sedikit berbeda dengan jalur utama maupun wisata, goweser akan disuguhi pemandangan dan suasana yang bersahabat dan lebih banyak dipayungi tanaman.

Batuan kecil dan tanah merah menjadi alas track ini, nyaman digunakan untuk speeding dan belokan-belokan tajam cukup menantang untuk melatih skill kita.

Walaupun demikian jalur ini agak memerlukan skill yang cukup untuk dapat melaluinya tanpa turun dari sepeda, di awal jalur ada drop off kecil, sering goweser terkejut dan jatuh, kemudian setelah itu akan disuguhi turunan mini, berbelok tajam langsung naik, disini goweser sering terjebak dan lupa memindahkan gear belakang sehingga tidak akan sampai di atas.
Selanjutnya track relatif datar dengan turunan-turunan kecil seperti di turunan gubuk kemudian menyusuri sawah, hamparan sawah di kiri kanan track lumayan memanjakan mata terutama saat musim panen tiba,

Di tengah perjalanan ada beberapa jembatan mini dari bambu, jembatan ini cukup aman dilalui karena di sisi kiri dan kanan ada pagarnya,

Setelah sawah ada tanjakan mini namun curam, tanjakan ini ada di dekat tanjakan SD, ada trik tersendiri untuk bisa menaklukan tanjakan mini ini tanpa harus turun dari sepeda, gunakan power jangan ngicik, setelah sampai di tengah tanjakan balance harus bagus sehingga roda depan sepeda tidak terangkat ke atas, posisi badan harus tepat dan menyesuaikan dengan geometry sepeda anda.

Usai tanjakan mini goweser akan menyusuri jalan menuju pinggir sungai, hati-hati di turunan sungai ini, banyak yang panik kemudian lanjut nyemplung ke sungai.

Tempat ini teduh dan bisa digunakan sebagai tempat istirahat, setelah sungai ada jalur masuk ke dalam tanaman rimbun dan teduh, selanjutnya jakur ini akan membawa goweser sampai di sisi track mangkok… menyusuri jalan sedikit tanjakan double deck untuk sampai di area dirt wave JPG

Goweser yang sudah dan akan ke JPG sebaiknya mencoba jalur baru ini, menarik dan skill anda akan terlatih di jalur pendek ini… pendek tapi penuh tantangan

Selamat gowes dan mencoba track mini ini

Track GPS dapat dilihat dan diunduh  di :

17 thoughts on “Track MTB JPG Kecil, “Skill-Power-Balance””

1. wah ini si om yg bersepeda hijau dewa nya JPG ya.. salut liat aura wajahnya kemaren pas hari minggu sungguh penuh kharisma dalam hal sepeda.. he he he he he mau menegur sapa tapi malu takut di sangka SKSD he he he

1. Negor aja om kalo ketemu, saya mah baik hati dan tidak sombong, begitu kata ibu guru saya dulu, dewa nya JPG mah om ojie, saya hanya penggembira track aja… Hihihi

2. wah kemarin saya hujan2 trus sudah ditungguin jadi tampa sengaja ngelewatin jalur ini. didekat letter S kan kalo ga salah?