Hutan Cidampit via jalur alternatif

Jalur MTB CIdampit, kali kedua ini saya mencoba jalur ini hanya bermodalkan GPS saja. 24 MTB dengan skill, power dan pengalaman yang berbeda tentunya akan menjadi petualangan yang berbeda. Jalur yang kali ini saya lewati berbeda dengan jalur yang pertama kali saya lalui. Apabila anda ingin download file GPS, silakan klik :

Pagi itu kami semua sudah berkumpul di kantor Bupati Serang dan siap untuk melakukan petualangan di Hutan CIdampit. Tujuan kami adalah rumah hutan. Briefing dilakukan jam 08.00, usai briefing kami bergegas mengayuh sepeda menuju pabuaran.

Kali ini kami tidak naik truck dari Kantor Bupati Serang melainkan mengayuh sepeda dan mencari truk di tengah jalan. Rombongan sebanyak 24 MTB terlihat beriringan menuju tujuan, jalanan aspal dan udara pagi memacu semangat kami dan harapan untuk segera sampai Pabuaran.

GPS saya sudah disetting… jarak 20 km dan elevasi yang terlihat agak mengerikan bagi rekan-rekan yang baru pertama kali touring… hihihi…. mental mereka mulai down

Kira-kira 7 km lepas dari Kota Serang kami melihat ada warung nasi. Hidangan hangat lumayan menggugah selera kami untuk sarapan dan tak lupa nasi bekal untuk makan siang di Rumah Hutan

Pucuk dicinta ulam tiba, tidak jauh dari warung kami lihat ada truck sedang mangkal, tawar menawar harga sewa pun berlangsung, setelah disepakati kami segera loading sepeda ke atas truk.

Check Point kami adalah SMPN 1 Pabuaran, perjalanan 15 km kami tempuh dengan cepat, lumayan dibandingkan gowes kesana… hihihi

Perjalanan penuh tanya dari rekan-rekan yang baru pertama kali touring kesini mulai terjawab… awalnya kami hanya menuruni jalanan aspal mulus disamping SMPN 1 Pabuaran… namun kenikmatan itu hanya berlangsung sebentar saja

Tanjakan makadam mulai mewarnai perjalanan kami… satu persatu goweser melambatkan kayuhannya karena mulai terengah-engah… dengusan nafas dan tetesan keringat mulai terlihat di wajah mereka.

Tak jauh di depan saya lihat ada pondok bambu yang layak untuk kami singgahi, lumayan bisa istirahat sejenak, sementara edo soket tergeletak di rumput kami mulai narsis dan foto bersama

Strategi gowes mulai kami susun melihat kemampuan kami tidak sama, beberapa rekan yang terlihat agak lambat kami persilakan gowes duluan, aturannya sederhana, gowes terus sampai ketemu persimpangan dan tunggu disana.

Rombongan pertama mulai gowes sementara rombongan dua masih asik foto-foto… hehehe… setelah menunggu 10 menit kamipun mulai bergerak. Awan semakin tebal menutupi sinar mentari, kami bergegas mengayuh dengan cepat, di kejauhan mulai terlihat rombongan pertama berhenti karena melihat persimpangan…

Rintik air yang mulai turun tidak membuat nyali kami ciut, semangat dan semakin semangat, beberapa rekan mengenakan jas hujan sedangkan sisanya hanya mengenakan shower cup dibalik helmnya

Jalanan tanah mulai tampak di hadapan kami, tetesan air membasahi jalanan dan membuat sedikit licin namun masih dapat digowes, kami mulai masuk hutan…

Jalanan berupa single track menjadi tantangan tersendiri, adrenalin mulai naik dan kecepatan mulai bertambah, area ini memang mengasyikan… dalam kondisi hujan begini masih bisa digowes.

Semakin dalam kami menembus hutan, semakin jauh kami terpisah dengan beberapa rekan… apa boleh buat dalam kondisi seperti ini harus saling menunggu karena di depan kami banyak persimpangan dan tentunya tidak ingin ada salah satu rekan nyasar di dalam hutan

Kecepatan agak diturunkan beberapa turunan curam kami lewati, tanjakan kami lewati… setelah melalui turunan curam dan licin kami disuguhi tanjakan makadam dan berakhir di ujung jalan aspal, warung di pojok jalan laksana oase… persediaan air minum mulai menipis

Rehat sejenak sambil menikmati cemilan, GPS menunjukan jarak masih 9 km lagi menuju rumah hutan, ternyata kami baru menempuh 10 km saja… ya sudah dekat lah.. demikian kami menghibur diri..

Kembali melanjutkan perjalan menuju rumah hutan.. jalanan aspal kami lewati, hanya 2 km saja, setelah itu kami masuk ke jalanan makadam sekitar 1 km hanya turunan… di ujung ada bangunan seperti kandang kambing, ada jalanan kecil disampingnya dan kesanalah kami mengarahkan sepeda

Kembali kami masuk hutan Cidampit… hujan sudah reda namun tanah masih basah dan becek. disini kami bisa berjalan agak berjauhan karena hanya single track dan tidak ada cabang lagi

rombongan terbagi 3 sesuai dengan kemampuannya, track semakin dalam semakin asik digowes, hutan semakin lebat dan di salah satu area sepeda harus digotong karena ada pohon melintang… lagi-lagi halangan ini menjadi kesenangan kami… bagus juga foto disini… hehehe

Jalur jalanan naik  turun sangat menyenangkan dan tidak membosankan, kami semakin semangat karena sebentar lagi sampai rumah hutan, tak lama kemudian sampailah rombongan pertama di persimpangan satu-satunya di jalur ini.

Lumayan kami ada waktu rehat sambil menunggu rombongan berikutnya merapat, setelah menjelaskan track berikutnya kamipun bergegas mengayuh menuju  Rumah Hutan…

Jam 14.30 kami sampai, memang sudah terlalu sore kami sampai, hanya ada waktu istirahat 1 jam untuk makan dan rebahan sebentar, ternyata satu-satunya peserta wanita yang ada sempat nangis di dalam hutan… waduh kacau nih… kalau kami masuk hutan lagi bisa berabe, akhirnya saya putuskan untuk pulang melalui jalur evakuasi

Jalanan aspal terbentang panjang di hadapan kami, masih 15 km menuju Kota Serang, terrrrnyataaaa jalanan aspal ini penuh dengan tanjakan lucu dan curam, salah satu yang rombongan ini kurang suka, nanjak di jalanan aspal… hadohhhh apa boleh buat…

Akhirnya penderitaan dan kesenangan kami selesai jam 18.00. kami sudah sampai di tempat cuci sepeda dekat Kantor Bupati Serang… piuhhhhh Alhamdulillah semua selamat

sampai jumpa di trip berikutnya

salam gowes

29 thoughts on “Hutan Cidampit via jalur alternatif”

1. waaakk…..ikuuttt dong……gimana sih caranya gabung di komunitas ini? saya beberapa kali ke jpg, tapi gak tau musti nemuin sapa..? hiks…
    next time, kemanapun jalurnya, please count me in….

1. dateng aja om ke JPG, ga ada syarat apapun koq, temuin siapa aja, semuanya bersahabat dan baik hati, atau kalau lihat KHS Velvet ijo tegur aja

2. Wah om tinggal dateng aja, ntar di mpok kafe tinggal minta tolong banyak kok yang mau guide sukur2 ketemu pak eko, dijamin semua track jpg dilibas hehe

3. wahh cidampit yang ke-2 gak ikut lagi….
    oom eko gimane nih….

ataw emang gak ada space utk 1 spd lagi yeee oom…
    mmmh kalo gtoe besok2 cari trek yg
    PP nya gowesss ajja deh oom…, biar ane gak perlu numpang…..
    okay ooom…..

1. om, ini tulisan touring yang kemaren, cidampit pertama sala lalui akhir 2010, ntar ya kalo ada touring lagi ikut

1. sarua alus kang, coba ente ningali review na geura di tulisan urang di blog ieu oge, aya beberapa track nu nggeus dicobaan… ente gowes oge euy? hayu atuh iraha-2 gowes bareng

4. Mantaaaph reportnya fakEko,…
    (ternyata slonjoran habis gowes, itu nikmat skaleee…hehehe.)
    _
    I ( __ _) )
    \(___ _)/

* tetap semangat,…
    (G. Pancar insyaallah be there)

1. asli mah ti bandung, mang….ngumbara di pondok kacang…hehehe….matak amengna ka jpg oge…hayu atuh ahhh ngaboseh ka sebex teh..hiiii….😉

5. Salam Kenal..Oomm…

Mau Numpang Tanya Nih, Kalo Mau Gowes Ke Cidampit Daftar Nya Kemana Ya..? Kalo Boleh No Hp Yg Bisa Dihubungi..