Berapa Usia Anda?


Pertanyaan tentang usia bagi beberapa orang seakan tabu, demikian pula jawaban atau pengakuan tentang usia kita. Silakan perhatikan kelakuan orang-orang di sekitar anda, lihat apa yang biasa mereka lakukan saat harus menayangkan usia di hadapan orang banyak, lihat juga bahasa tubuh mereka serta ucapannya saat ditanya tentang usia… entah kenapa sering terlontar angka 17… dengan kata lain ngaku-ngaku usianya lebih muda daripada yang sebenarnya…

Malu menjadi tua atau takut menjadi tua? Kenapa harus malu kenapa harus takut karena semua dari kita akan tua pada saatnya. Usia tua kadang juga menjadi bahan olok-olokan di antara teman, perubahan kepala usia memberi kesan yang kurang menyenangkan bagi pemilik usia tersebut.

how old would you be

“Wah… sekarang udah kepala 3 nih…” biasa diucapkan oleh orang terhadap temannya yang beruntung bisa melalui usia 29 dan masih hidup sampai usia 30. Anugrah Allah ini sering disangkal oleh kita juga oleh orang-orang yang sering mengolok-olok kita, di sisi lain sang pengolok lupa bahwa bahwa mereka juga akan mencapai usia tersebut pada saatnya.

Pelajaran tentang usia ini saya dapat dari ayah saya, beliau tidak pernah malu memaparkan usianya yang sudah lanjut, baginya usia lanjut adalah anugrah yang patut dibanggakan, bukannya sesuatu yang harus disembunyikan atau ditutupi.

Pernah lihat beberapa pembicara saat memperkenalkan dirinya hanya menuliskan tanggal lahir dan bulannya saja tanpa ada tahun kelahiran, entahlah kenapa tidak ditulis, mungkin juga lupa atau tintanya habis. Keunggulan utama kita mengenai usia memang sering disembunyikan dengan berbagai alasan, misalnya malu sudah tua, takut ketauan Pin ATM nya… oleh karenanya selalu dianjurkan jangan menggunakan pin sama seperti tanggal lahir kita kan

Sampai hari ini di usia saya yang ke 42 dan akan menjadi 43 di tahun ini… saya masih melihat ayah saya bangga dengan usianya… salah satu komentar beliau di FB menyebutkan usia 76 tanpa sungkan dan tanpa ditutupi… hihihi … kakek gaul .. usia 76 masih main FB

Orang yang menanyakan usia kita kemudian mengolok kita karena sudah tua dapat dipastikan usianya lebih muda dari kita, orang yang lebih tua tidak ada alasan untuk mengolok yang lebih muda karena usianya bertambah.

Usia muda dan menjadi takut atau malu menjadi tua masih sering saya jumpai hingga hari ini takut dan malu menjadi tua namun berharap usianya bisa panjang … ironis. Usia kita adalah sesuatu yang harus disyukuri apalagi kalau sampai usia kita ini diberi kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah swt. Usia kita bukan sesuatu yang menjadi aib, bertambah tua adalah kebanggaan. Bertambah usia adalah sesuatu yang pasti.

Oleh karenanya apabila ada orang yang lebih muda menanyakan usia saya, maka saya kan jawab dengan bangga usia saya saat ditanya, dan apabila dia mengucap dengan nada olokan atau kalimat yang bermakna bahwa saya sudah tua dalam konotasi negatif saya akan tanya balik kepada yang lebih muda itu… “Anda yakin bisa hidup sampai di usia saya?”

nah!!! pertanyaan saya … “berapa usia anda?”

3 thoughts on “Berapa Usia Anda?”

  1. umur saya 41 tahun .. belum tentu kan anda bisa mencapai umur seperti saya .. #dengan bangga ..
    eh .. maneh teh geus 42 nya’ .. waddduhhh .. 11/12 geuningan .. hahay ..

Tinggalkan Balasan

