Kontroversi Tugas Mandiri Mahasiswa


Tulisan ini saya tayangkan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang tidak tersampaikan secara langsung kepada saya, banyak pertanyaan seliweran keluar masuk benak saya, pertanyaan tak tersampaikan itu kadang berupa tulisan, kadang berupa keluh kesah siswa juga ungkapan kaget, takjub bahkan pertanyaan sinis melalui telinga dan mulut orang.

Sedikit melenceng… bagi yang mau komentar atau protes atau kritik membangun ataupun kritik menghujat bin menjatuhkan sebaiknya baca dulu semua tulisan ini dengan teliti dan seksama.

Awal menjadi dosen saya berpikir harus ada sesuatu yang saya lakukan untuk membawa anak didik saya terbang tinggi, saya harus bisa membawa mereka ke tengah dunia. Awal mengajar saya masih bingung bagaimana caranya saya membawa anak didik saya agar mereka niat awal saya dapat terlaksana.

Picture3_zpsfb3893f9

Tahun 2000 saya mulai agak nekat, mata kuliah yang dianggap tabu untuk buka buku saat ujian justru saya instruksikan buka buku, tentunya soal saya sesuaikan juga mempertimbangkan resiko yang akan saya hadapi nantinya. Benar saja di akhir ujian saya menghadapi beberapa pertanyaan sinis terhadap saya dan tentunya bisa saya jawab dengan lancar dengan menunjukan bukti bahwa yang saya lakukan ini bukanlah sesuatu yang salah.

Sebagai junior yang baik dan belum tentu benar maka saya mengikuti metoda rekan-rekan sejawat saya, tugas mandiri berupa paper atau kliping. Mahasiswa saya tugaskan untuk membuat tulisan minimal 10 halaman atau kliping tentang berita-berita yang relevan dengan mata kuliah saya.

Saat mereka mengumpulkan tugas saya mulai terperangah takjub dan jengkel… kenapa? mari kita berhitung seperti ini. Satu kelas berisi 30 – 40 siswa, saya ambil rata-rata saja 35 siswa per kelas. Saya mendapat kepercayaan mengajar dua kelas, yang artinya siswa saya ada 70 orang.

Tugas yang saya berikan adalah menulis makalah dengan minimal halaman adalah 10, sehingga hitungan halaman yang terkumpul adalah 70 x 10 = 700 halaman (semoga saya tidak salah hitung), ini hitungan 10 halaman lho, kalau 15 halaman ya tambahkan aja 50% lagi. Tugas mandiri ini dikumpulkan satu minggu sebelum UAS, bahkan ada juga yang mengumpulkan bersamaan dengan UAS. Tenggang waktu antara UAS dan penyerahan nilai paling lama adalah satu – dua minggu sejak UAS terakhir.

makalah
sumber gambar: http://www.google.com

Wowww begitu kata anak muda sekarang… ini artinya saya harus memeriksa 70 berkas jawaban plus 700 halaman untuk dibaca dan diperiksa… catat ya… diperiksa bukan sekedar dibaca atau dilihat nama serta jumlah halamannya. Memeriksa satu halaman tidaklah sama waktu dan energinya dengan membaca satu halaman, hitungan asal-asalan saya memeriksa satu halaman setara dengan saya membaca dua halaman, sehingga waktu yang diluangkan akan lebih lama.

Akhirnya saya memberanikan diri juga memeriksa tugas mandiri tersebut… satu jam… dua jam … empat jam …. satu hari … dua hari koq belum selesai juga saya memeriksa 700 halaman ini… koq bisa? ya iyalah bisa karena hidup saya bukan hanya untuk memeriksa tugas mandiri saja namun saya juga ada kegiatan lain.

Sebetulnya bisa saja saya asal-asalan, caranya mudah, lihat nama dan nomer induknya, liat jumlah halaman, lihat covernya dan… beri nilai kira-kira saja… selesai masalah toh …

Semester berikutnya saya mulai kapok dengan tugas mandiri paper, saya cari tugas lain… nah!!! ada tugas kliping … hehehe tugas ini saya pikir lebih mudah buat siswa juga mudah buat saya, tinggal gunting dan tempel saja untuk kemudian dikomentari atau dibahas.

Mulailah tugas kliping di semester berikutnya saya instrusikan kepada mahasiswa yang berbeda angkatan. Minimal 5 berita atau artikel yang harus mereka kumpulkan serta dijadikan kerajinan tangan, potong – tempel – komentar. Sederhana kan dan mudah bagi siswa?

Terrrnyaaataaaa.. beberapa masalah mulai dihadapi siswa.. mereka kesulitan mencari artikel dan berita yang relevan dengan mata kuliah saya… saya anggap itu nasib siswa…

Picture2
Sumber gambar: http://www.google.com

Sekarang mari kita lihat bagaimana nasib saya … Kali ini saya tidak bicara jumlah halaman lagi melainkan jumlah judul artikel atau berita. Seperti asumsi awal di atas… 70 siswa x 5 artikel = 350 artikel yang harus saya baca dan saya periksa juga kesimpulan siswa terhadap setiap artikel. Di masa itu menggunakan internet tidak semudah hari ini, sehingga siswa harus mencari dari koran atau majalah. Majalah lokal yang memuat kuliah saya masih belum banyak dan terbitnya sebulan sekali.

Saya semakin terhenyak kaget saat keponakan saya bertandang ke rumah untuk meminjam koran atau majalah.. keponakan saya kelas 4 SD mendapat tugas dari gurunya… katanya dia disuruh membuat kliping minimal 3 judul tentang tumbuh-tumbuhan …. hahaha kenapa jadi mirip mahasiswa tugasnya… beda tipis, mahasiswa saya 5 judul, keponakan saya kelas 4 SD ditugaskan 3 judul.

Saya dekat dengan mahasiswa, sesuai prinsip saya di dunia pendidikan: di depan kelas saya adalah Dosen, di samping siswa saya adalah Teman dan dibelakang siswa saya adalah Motivator. Saya sering bicara santai dengan siswa di luar jam kuliah, saya sering touring motor keluar kota dengan siswa di waktu senggang, juga naik turun gunung, keluar masuk hutan dengan siswa menggunakan Sepeda Gunung.

Saat santai di tengah hutan bersama mahasiswa saya, diceritakanlah  rahasia umum yang saya sudah tahu karena dulu saya pernah melakukan hal yang sama dengan mereka. Tugas makalah yang mereka buat ternyata hanya menyalin milik orang lain, bahkan cuma copy paste dari soft copy milik kakak kelasnya atau teman mereka di kampus lain, tugas kliping hanya memotong dan menempel ulang kliping temannya.. hihihi … saya sudah tau itu Nak… karena dulu juga saya melakukan hal yang sama.

Otak saya berputar keras … emang otak bisa muter ya? Saya menemukan cara baru … siswa saya tugaskan membuat video tentang kegiatan di dalam airport… nahhhhh disinilah kontroversi mulai timbul… saya mulai diserang dengan pernyataan sinis dari siswa dan rekan dosen lain.

Flashback sedikit ke belakang … itu tugas paper dan kliping ternyata hanya bersemayam dengan tenang di pojok rak buku saya, teronggok diam tak berdaya saat dijual pramuwisma di rumah saya ke tukang loak. Saya mau marah? ya ngga bisa juga lah, itu tugas tahun lalu dan siswanya sudah lulus, masa iya saya tetap simpan?

File tugas video ini sampai sekarang masih ada di file saya, masih saya simpan untuk menghargai hasil kerja keras saya juga karena file ini tidak terlihat seperti tumpukan paper dan kliping, tugas film ini ada di hardisk komputer saya sampai hari ini.

Saya masih belum puas dengan tugas ini karena siswa masih belum bisa saya bawa terbang tinggi…

Beberapa kesimpulan dari tugas yang pernah saya berikan adalah

  1. Tidak mungkin saya bisa memeriksa sebanyak 700 halaman dalam waktu singkat, karena memeriksa berbeda dengan sekedar membaca
  2. Di akhir semester karya mereka dengan amat sangat terpaksa harus dijual ke tukang loak (kalau pake kata dibuang agak kurang patut dibaca)
  3. Tugas ini hanya kan menjadi tugas tanpa bisa dilihat kembali oleh adik-adik kelasnya, bahkan oleh siswanya sendiri.

Setelah berpikir dan mempertimbangkan maka saya putuskan untuk memberi tugas yang agak aneh bagi yang pertama melihat, mendengar dan melakukannya.

Picture1_zps4194c3cd
Instruksi pengerjaan Tugas Mandiri

Tugas mandiri dari saya yang sangat sederhana ini sebagai berikut:

  1. Siswa wajib menulis minimal 1 halaman ukuran A4 per minggu
  2. Tema tulisan bebas dan wajib sesuai dengan mata kuliah saya
  3. Siswa wajib membuat tulisan sendiri, dilarang copy paste tulisan orang
  4. Hasil tulisan dimasukkan / diposting di blog yang sudah saya siapkan sebelumnya
  5. Apabila ada siswa yang copy paste tugas dianggap gagal dan akan dipajang di halaman depan blog

Sehingga dalam 1 semester akan tercipta 11 tulisan siswa yang tidak bisa lagi saya jual ke tukang loak atau saya buang ke tempat sampah.

Variasi berikutnya adalah tugas ini dilakukan berkelompok maksimal empat orang per-kelompok dan tetap minimal 1 halaman A4 per-minggu.

Ternyata tugas ini mendapat banyak kritik dan ditentang oleh beberapa siswa, bahkan beberapa dosen ikut kaget dan terlihat tidak suka dengan tugas yang saya berikan.

Beberapa tugas siswa saya komentari dengan baik kalau tugasnya baik, juga saya komentari dengan jelek kalau tugasnya jelek. Rupanya beberapa siswa tidak bisa menerima kenyataan ini dan berkata lain di depan orang lain hal yang sebaliknya.

Saya kembali amati kenapa banyak yang merasa berat dengan menulis 1 halaman per minggu secara berkelompok, itulah dia kenapa di atas saya tuliskan cara siswa mengerjakan tugas makalahnya, ternyata kebiasaan copy paste telah menghambat kreatifitas siswa, kebiasaan itu kalau dibiarkan akan memperbodoh siswa.

Saya tetap menjalankan tugas ini karena bagi saya tugas ini sangat mudah bagi siswa, begini hitungannya : Satu kelompok terdiri dari 4 orang yang wajib menulis 1 halaman per minggu. Satu halaman A4 kira-kira terdiri dari empat sampai enam paragraf sehingga setiap siswa hanya menulis satu sampai dua paragraf per minggunya. Kalau ada 11 tugas maka siswa hanya perlu menulis sekitar 20 paragraf yang setara dengan 4 halaman setiap semesternya dan dicicil per minggu

Tugas ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan paper / makalah yang mengharuskan setiap siswa menuliskan minimal 10 halaman dalam satu semester.

Entah kenapa tugas ini selalu dibilang sulit dan berat, sulit dan berat karena harus ide sendiri, sulit dan berat karena tidak bisa lagi copy paste walaupun tetap saja ada yang copy paste. Resikonya tentunya sudah bisa ditebak kan? saya pajang di halaman depan blog

Banyak pertanyaan masuk ke saya, “kenapa yang salah dikomentari salah?” ; “kenapa yang copy paste dipajang di halaman depan?”

Pertanyaan ini datang dari orang yang tidak masuk kelas saya juga tidak mendengar instruksi saya di kelas yang menyebutkan resikonya apabila kedapatan copy paste. Resiko ini disampaikan berkali kali di kelas, didengar seluruh kelas, sehingga apabila tidak saya laksanakan maka saya adalah dosen yang pilih kasih terhadap siswa, saya akan menjadi dosen pembela siswa yang salah.

Salah adalah salah, blog ini diamati seluruh dunia, banyak akademisi yang juga ikut melihat blog ini, apabila ada tulisan salah saya katakan bagus atau benar …. maka tanggapan orang yang melihat justru akan mencibir sinis… “oooo hanya seperti itu kualitas mahasiswa…” ; “enak ya kuliah di sana… salah begitu dibiarkan…” ; “oooo dosennya ternyata tidak mengerti permasalahan”

Sehingga tindakan itu harus saya lakukan untuk menjaga pandangan orang terhadap almamater, mahasiswa saya juga rekan-rekan dosen. Sampai hari ini banyak tanggapan positif maupun negatif, tanggapan negatif datang dari kalangan internal yang kurang suka karena sekarang siswa tidak bisa copy paste lagi, tanggapan positif datang dari kalangan internal, mereka salut karena ternyata jadi mahasiswa di tempat saya mengajar tidak bisa sembarangan tulis, tidak bisa copy paste tulisan orang karena tulisan itu dipajang di blog, siapapun bebas melihat dan menilainya

Setelah berbulan-bulan tugas ini berjalan, walaupun tulisan siswa saya belum terlalu bagus namun saya bangga karena hanya dalam waktu beberapa bulan sudah ada kemajuan.. blog ini menurut data statistik telah mendunia, tulisan mahasiswa saya walaupun tidak terlalu bagus, walaupun kadang tidak ilmiah dan masih berantakan khas mahasiswa … tulisan mereka telah menembus negara lain, bukan lagi tulisan yang hanya tertulis untuk nilai saja yang selanjutnya berpindah ke tukang loak.

Picture4_zpsf8d96b7c
Data Statistk pengunjung blog
Picture1
Data statistik pengunjung blog dari berbagai negara

Tulisan mereka akan bisa dinikmati dan menjadi referensi adik kelasnya, bisa menjadi refensi orang yang mencari informasi tentang dunia penerbangan, selain itu… tulisan mereka akan tetap ada sampai saatnya mereka lulus bahkan bekerja nanti.. bagus atau jelek itulah mahasiswa… mereka masih dalam tahap belajar, mereka berusaha mengeluarkan sesuatu yang ada di benaknya dan menterjemahkan ke dalam bahasa tulisan.

Karya mereka masih saya abadikan sampai saat ini… Sejak 25 Februari 2012 sampai saat ini sudah hampir 3000 tulisan siswa saya dan itu adalah hasil karya mahasiswa saya bukan hasil karya saya sebagai dosen mereka,  memang pengunjung blog belum terlalu banyak, memang 3000 tulisan siswa belum terlalu banyak, namun setidaknya saya dapat menunjukan bahwa saya sangat menghargai dan bangga akan hasil karya mahasiswa saya

Walaupun masih jauh dari sempurna… saya mulai bisa membawa mahasiswa saya terbang tinggi, saya berhasil “memaksa” mereka untuk mengeluarkan kemampuan terpendamnya… bahwa masih ada yang copy paste … ya memang….  masih ada namun saya berhasil menurunkan prosentase copy paste mereka dibandingkan dengan ketika mereka masih menulis tugas terdahulu yang pernah saya berikan…

Semoga ini bisa berguna bagi masa depan mereka, kalaupun ini dianggap sulit karena kewajiban menulis 1 halaman A4 per minggu per kelompok,….  saya akan tetap jalankan cara ini karena bagi kebanyakan orang menulis tugas seperti itu bukanlah tugas yang berat.

Saat ini tersirat rasa bangga terhadap mahasiswa saya, hasil karya mereka tetap saya hargai karena tetap saya simpan di blog, bukan lagi “sekedar” tugas mandiri formalitas yang selanjutnya hanya akan menjadi kertas usang pembungkus kacang goreng atau tersimpan rapi di dalam CD/DVD dan kurang bermanfaat bagi orang lain.

Bagi saya pendidikan itu harus diamalkan bukan sekedar dipelajari dan dipendam sendiri…

Harapan saya selanjutnya, blog ini dapat digunakan juga oleh dosen-dosen lainnya untuk menampilkan karya mahasiswanya

Bagi anda yang ingin melihat hasil karya mereka silakan mampir ke : KUMPULAN KARYA MAHASISWA

Tulisan terkait dengan suka duka penulisan tugas dapat anda KLIK DISINI

Salam Tugas Mandiri

Eko Probo

Twitter & Instagram: @ekoprobo

Tinggalkan Balasan

