???????????????????????????????

Explore Track MTB, Palasari Extension


Rabu pagi 23 Januari 2013

Rencana pagi ini adalah explore track Palasari, rencananya saya akan balik jalur ini dan mencari jalan alternatif untuk latihan uphill maupun turunan ringan, pagi ini saya bersama rekan Albert. Titik Start dari kediaman Albert di Patrick’s Salon di kawasan Cicaheum, kami meluncur menuju arah Timur Kota Bandung, kemudian belok ke kiri masuk daerah Cijambe. Jalan masih didominasi aspal dan masih elevasi makin lama makin  tinggi yang konon katanya pemandangan di atas sana bagus.. mari kita buktikan

Di titik inilah tanjakan sudah dimulai, nanjaaakkkkk terus tanpa ampun, rute ini cocok bagi uphiller untuk latihan dengkul dan jantung. Awal perjalanan dimulai dengan aspal datar sepanjang 4 Km untuk pemanasan, cuaca kota Bandung hari ini cerah dan bersahabat.

Dominasi aspal mulus di awal kami nanjak, lumayan juga nafas dan detak jantung di tanjakan ini, dengkul mulai gemetar… sementara Albert masih terlihat santai… gowes sambil ngajak saya ngobrol … “apa kata ente deh bet” …. saya udah ngga konsen nih …

Edannn … ini tanjakan kapan abisnya … sementara Albert selalu bilang … dikit lagi datar koq … satu kilometer, tiga kilometer, lima kilometer … eeebusettt masih nanjak aja ini jalan … tapi lumayan lah tertolong pemandangan bagus di kiri kanan jalan

Daerah Cilengkrang… di sebelah kanan jalan saya lihat ada penduduk desa sedang mengerjakan sesuatu… saya dan Albert menghampiri mereka… rupanya mereka adalah pengrajin karpet karet … Keramahan khas penduduk Bandung membuat kami betah ngobrol dengan mereka … semoga sukses ya pak usahanya

Track yang biasa digunakan untuk turun kami balik, gowes dari bawah ke titik tengah track dengan tujuan mencari jalur alternatif yang bisa digunakan penghobi MTB lainnya. Niat baik ini harus dijalani dengan setangah mampus … kali ini saya gowesnya salah konstum, salah sepeda… medan tanjakan begini pake travel fork 150mm … alhasil banyak TTB deh ah
Tidak berapa lama kemudian di sebelah kiri jalan saya lihat ada tugu desa Giri Mekar, alasan mau foto adalah senjata ampuh yang digunakan untuk pengganti kata “Capek dan Istirahat”
Kamera sudah dikeluarkan, jeprat jepret kanan kiri … pemandangan sudah mulai terlihat bagus dan memanjakan mata saya
Tidak lama kemudian kamu lanjut gowes lagi… nanjak dong tentunya … hihihi…. , akhirnya sampai juga di km 7,8 kami ketemu warung di sebelah kanan jalan, sebaiknya isi air minum dan makanan ringan di warung ini karena di atas sudah tidak ada warung lagi
Jalanan mulai beragam antara tanah dan bebatuan kecil, pemandangan semakin memanjakan mata kami, semakin ke atas pemandangan semakin bagus, kota Bandung nampak di kejauhan dari atas sini, beberapa petani menyapa kami dengan ramah, kata “Punten” tak pernah luput dari ucapannya saat mereka berjalan melintasi tempat kami istrahat
Saya sengaja jalan di hari biasa bukan di akhir minggu atau hari libur karena jalur yang kami lalui adalah jalur yang biasa digunakan untuk turun, hal ini dilakukan agar tidak mengganggu teman2 yang sedang bersenang senang di Track Palasari. Jalur yang kami lalui kebanyakan tanah, beruntung karena pada hari ini cuaca cerah sehingga tanah agak padat dan tidak licin
Tidak semua jalur yang kami lalui bersinggungan dengan track Palasari, di beberapa titik kami belokan jalurnya, jalur ini tidak disarankan bagi penggemar uphill untuk dilalui karena bisa mengganggu penggowes yang sedang meluncur kencang dari atas namun jalur ini bisa dijadikan alternatif lain dari jalur palasari.

Pemandangan di atas sini semakin lama semakin indah dan tentunya tidak lepas dari bidikan camera saya… begini lah kenapa saya senang jalan menggunakan MTB, banyak hal yang tidak bisa ditemui di tengah hiruk pikuk perkotaan, udara segar, keramahan penduduk pegunungan serta pemandangan yang indah
Aroma humus dan tanaman hutan semakin terasa di atas sini, sementara kalau melihat ke arah selatan terlihat hamparan kota Bandung yang indah, awan di pagi itu cukup cerah dan menggoda saya untuk selalu mengambil foto di titik-titik yang bagus
Kami menjajaki jalur extension kemudian sampai di Km 11 jalur kami belokan ke kiri, menuju jalur turun Palasari Oray Tapa, sehingga sekarang penggowes bisa memilih melalui jalur tembus ke Giri Mekar – Cijambe, bisa juga melalui jalan potong menuju jalur turun Palasari Oray Tapa arah Sindanglaya
Jalur potong yang kami lalui ini sepertinya belum pernah dilalui goweser, masih agak perawan dan lumayan juga bagi penggemar turunan, banyak spot yang curam dan membutuhkan skill lumayan untuk bisa melaluinya, selanjutnya kami sampai di jalur yang biasa disebut palasari oray tapa, jalur ini mulai aspal lagi sampai ke titik akhir di rumah Albert
Total perjalanan kali ini hanya 21 km saja, 50% nanjak 50% turun… cukup fair lah walau dengkul sempat gemetaran di tanjakan
Peta GPS jalur ini dapat anda download di EVERYTRAIL, search saya akun: ekoprobo atau KLIK DISINI
Salam Gowes
Eko Probo
Twitter & Instagram: @ekoprobo

7 thoughts on “Explore Track MTB, Palasari Extension”

  1. saya kalo baca tulisannya om eko berasa kayak lagi gowes bareng saking asiknya… :p
    keren kang liputannya, salam gowes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s