Santa Cruz Syndicate Indonesia

Jejak Langkah Santa Cruz Indonesia (SCI)

Sabtu 16 Maret 2013

Obrolan iseng di dunia maya berujung touring perdana teman-teman di Santa Cruz  Indonesia (SCI). Mereka ini adalah gerombolan penggowes yang mempunyai sepeda Santa Cruz berbagai jenis, baik hardtail maupun full suspension.

SCSI ini terbentuk atas ide om Herling Wenas kemudian direalisasikan dengan membuat grup di FB dan mailing list. Satu persatu member mulai masuk ke grup, karena berasal dari hobi yang sama. Demi persatuan dan kesatuan maka om Davecchio merencanakan acara gowes perdana tanggal 16 Maret 2013

Foto sambil nunggu beberapa rekan SCSI yang bocor ban

Sabtu pagi 16 Maret 2013  kami janjian bertemu di Warung Mang Ade, rute perjalanan yang akan dilalui belum jelas, yang penting kumpul dulu, rute mah gimana nanti aja sesuai hasil perundingan. Setelah semua bertemu di Warung Mang Ade kami memutuskan untuk melintasi rute NuRA – Leci – RA Classic via jalur kondangan.

Target acara ini sederhana saja supaya kita semua saling kenal muka dan tungggangan masing-masing cruzer agar lebih akrab di udara dan di darat.

Persiapan di Puncak Pass

Kami start jam 8.15, meluncur ke arah pintu masuk NuRA, suguhan tanjakan aspal jelek lumayan buat pemanasan, puluhan MTB Santa Cruz berbagai jenis terlihat beriringan, dari semua sepeda itu hanya dua yang menggunakan hardtail, Santa Cruz Chameleon, hanya saya dan Dave.

Dengusan nafas kuda mulai terdengar di tanjakan awal ini, beberapa rekan yang bersahabat dengan tanjakan sudah meluncur di depan, check point pertama adalah jalan masuk offroad. Setelah semua berkumpul di belokan pertama kami mulai meluncur turun di jalur offroad.

Jalan awal jalur NuRA

Cuaca pagi ini cerah namun tanah masih basah sisa hujan masih terlihat, sedikit becek membuat tanah licin. Bergerak terus menuju tempat istirahat pertama, grup sudah mulai terpencar sesuai kekuatan gowes dan skill masing-masing penggowesnya

Menjelang tempat istirahat pertama, Gn Kekeban

Jalur NuRA setelah tempat istirahat pertama masih licin, turunan pertama tidak bisa digowes, mau tak mau sepeda harus dituntun, selanjutnya track masih seperti dulu, tebing di kiri, jurang di kanan. Perlahan kami mulai rute NuRA menuju Gunung Mas sebagai check point pertama untuk istirahat.

Karena ini touring perdana tentunya acara wajib adalah foto-foto di sepanjang perjalanan, entah sudah berapa puluh jepretan tercipta juga sekian menit rekaman video selama perjalanan ini. Walau baru pertama kali bertemu kami sudah langsung akrab satu sama lainnya. Silakan simak juga video di bawah ini

Hobi ini memang tidak mengenal batas, hobi ini juga yang meleburkan kami menjadi satu strata tanpa peduli jabatan, latar belakang ekonomi maupun sosial, hanya ada sedikit hal yang membuat kami berbeda … yaitu .. kekuatan dengkul, nafas serta skill bersepeda. Perbedaan ini justru membuat kami semakin akrab karena kami saling berbagi ilmu dan teknik bersepeda.

Pertigaan Leci

Turunan leci adalah titik berikutnya untuk menunggu teman-teman di belakang, sengaja demikian karena ada dua perserta baru serta satu cruzerwati … mbak vivi yang kuat dan tangguh. Turunan leci ini pula yang dianggap curam oleh beberapa orang yang baru pertama melalui jalur ini, rekaman video hasil turun temurun disini dapat anda lihat di bawah :

Jalur selanjutnya adalah tanjakan ngehe via jalur kondangan lanjut ke tamiya. Perjalanan kami terhenti sejenak di turunan makadam karena ada salah satu rekan yang bocor ban. Kesempatan ini kami gunakan untuk foto keluarga.. lumayan lah dapet banyak foto …

Albi di tanjakan ngehe menuju jalur kondangan
Persiapan foto keluarga

Salah satu rekan dari JPG. Rem depan bermasalah

Setelah beristirahat cukup lama dan karena hari semakin sore maka kami segera melanjutkan perjalanan pulang ke Gadog tempat kendaraan kami diparkir, siang itu jam 14.00 WIB saya dan beberapa teman sudah merapat di gadog. Tukang sate yang mangkal disana lumayan disibukkan oleh pesanan goweser yang lapar, sebungkus sate dirasa cukup untuk mengganjal perut kami.

Acara berlangsung sukses, teman bertambah, pengetahuan sepeda bertambah dan tentunya badan semakin sehat.

Bagi yang ingin bergabung dengan SCI silakan kunjungi group FB SCI di: http://www.facebook.com/groups/santacruzbikeindonesia/

Agenda rutin SCI yang selintas dibicarakan adalah gowes bareng di beberapa tempat yang akan ditentukan berdasarkan hasil musyawarah di group. karena komunitas ini masih baru tentunya belum banyak yang bisa saya ceritakan disini, namun ini adalah langkah awal bagi pemilik dan penggemar sepeda MTB Santa Cruz sebagai wadah komunikasi dan persaudaraan.

5 thoughts on “Jejak Langkah Santa Cruz Indonesia (SCI)”

1. tanya ya om… hard tail-nya santacruze pilihan warnanya apa aja? saya coba lihat ke websitenya adanya cuma warna kuning…makasih om.

1. Chameleon 2013 ada biru & kuning, kalau yang taun sebelumnya ada orange, hitam, putih. Chameleom 2013 dengan 2012 ada perbedaan yang cukup signifikan