Podium JPG

JPG Race 2013, Day 2


Minggu 14 April 2013

video di youtube

Race hari ke 1 silakan click: RACE DAY 1

Cerahnya matahari pagi di hari minggu ini seakan menambah meriah suasana di Taman Kota 2, BSD City. Sinar Mas Land bersama JPG Mountain Bike Park menggelar hajatan akbar, pesta sepeda MTB terbesar di Indonesia, acara ini diberi tajuk Sinar Mas Land – JPG, XC Open Championship 2013. Hari ini adalah sesi dua setelah sukses menggelar sesi 1 di hari sebelumnya.

Roll Call kelas Master C dimulai jam 08.05 WIB. Kelas ini diikuti oleh 32 pembalap kawakan dari berbagai daerah. Master C adalah kelas yang diikuti oleh pembalap dengan usia 50 thn ke atas, pembalap dengan usia ini tidak dapat diremehkan oleh kami-kami yang lebih muda, tenaga dan kecepatan balap mereka kalau dikonversikan ke waktu kadang beda tipis dengan yang lebih muda.

Jam 08.20 WIB seluruh pembalap Master C dilepas start oleh pak Kesawadjati, tak terasa putaran pertama sudah berlalu, posisi pertama adalah Arfan Bilux, ditempel ketat oleh Budi Klasik di posisi dua dan diikuti oleh Toni Kamurang di posisi ketiga.

Master C adalah kelas yang pertama dilombakan pada hari ini sebagai pemanasan dan contoh bagi pembalap yang usianya lebih muda, contoh sportifitas dan pantang menyerah para pembalap yang usianya di atas 50 tahun ini patut dijadikan contoh.

Berikut ini adalah acara yang akan dipersembahkan pada hari minggu ini:

  1. Pembukaan ( 07.30 WIB)
  2. Roll Call dan Scrutinizing (08.00 WIB)
  3. Start Master C / 3 Lap (08.30 WIB)
  4. Start Master B / 3 Lap (09.00 WIB)
  5. Start Master A / 3 Lap (10.00 WIB)
  6. Start Junior / 4 Lap (11.00 WIB)
  7. Istirahat (12.00 – 13.00 WIB)
  8. Women Elite / 4 Lap (13.00 WIB)
  9. Senior  / 5 Lap (14.30 WIB)
  10. Men Elite / 8 Lap (15.30 WIB)
  11. Podium (17.00 WIB)

Kelas balap ini diklasifikasikan berdasarkan umur peserta bukan dari  pengalaman, berat badan peserta ataupun jenis sepedanya.

Sementara pembalap sedang berlaga di lintasan untuk memperebutkan juara 1 sampai 5, para penonton dimanjakan oleh Bursa Kuliner JPG serta tidak ketinggalan ada Bursa Sepeda JPG sebagai ajang jual beli parts sepeda berserta asesorinya, di tempat ini para pengunjung mendapatkan banyak diskon khusus selama acara ini.

Di angkasa terlihat Drone dari kameraudara.com sedang mengudara dan mengabadikan acara ini, pertama kalinya di Indonesia acara MTB Race menggunakan liputan udara, iringan  pembalap terlihat indah dari udara.

Mat kodak dadakan terlihat juga di beberapa titik yang dianggap bagus untuk mengabadikan gambar-gambar ekslusif. Expresi pembalap terlihat penuh perjuangan, terlihat peluh membasahi muka dan badan mereka, tanda perjuangan belum selesai.

Pemenang kelas Master C di Posisi Pertama adalah Toni Wijaya dari Kamurang Bike dengan nomer Start 403, diikuti oleh Budi Klasik dari Flag Peak Racing System – Rafindo Anugrah Sukses dengan nomer Start 402, sedangkan di posisi ketiga adalah Arfan Billux pembalap binaan Flag Peak Racing System dengan nomer Start 401. Beda waktu mereka sangat tipis, posisi keempat adalah Mike Klessen.

Start Master B dilakukan jam 09.20 WIB, pembalap di kelas ini adalah pembalap dalam masa puber kedua yang artinya sedang kenceng-kencengnya balapan, ada beberapa orang yang disegani di kelas ini, Muhibin yang biasa dipanggil Bang Ben adalah salah satu pembalap andalan Flag Peak Racing System, kali ini Muhibin ditempel ketat beberapa sahabatnya sendiri seperti Dwitanto dan Hebron.

Kelas Master B ini diramaikan juga oleh pelatih MTB Nasional yaitu Oki Respati, selain pelatih dia juga aktif terlibat di balapan ini. Suasana lomba semakin memanas, di lap pertama posisi pertama ditempati Bang Ben, diikuti oleh Edi Purnomo dan dibuntuti ketat oleh Oki Respati serta Dwi Tanto.

Di putaran kedua posisi  masih sama seperti putaran pertama, dan seperti dugaan semula hasil Akhir dari kelas Master B ini dimenangkan oleh Bang Ben diikuti Edi Purnomo di urutan kedua serta Dwi Tanto di posisi ketiga.

Selanjutnya kelas Master A mulai start jam 10.15 WIB, kelas Master A ini diikuti pembalap dengan rentang usia 30 – 40 th. Pembalap di usia produktif ini diikuti kembali oleh Kusnadi Adi yang kemarin di hari Sabtu menjuarai kelas All Mountain. Pembalap serba bisa ini akan turun di kelas Cross Country di hari Minggu ini.

Panasnya sengatan matahari tidak mengurangi semangat mereka untuk berlaga di track Taman Kota 2. Putaran pertama didominasi oleh pembalap serba bisa Kusnadi diikuti Nenda di posisi kedua dan Dwi Ratsongko di posisi ketiga.

Kelas Master A ini diakhiri dengan Juara pertama adalah Kusnadi Adi diikuti Dwi Ratsongko dan Nenda Rohimat di urutan tiga, beda waktu yang tipis menggambarkan serunya pertarungan sprint menjelang garis finish.

Kelas kawula muda alias Junior dimulai jam 11.15 WIB, sinar mentari sedang terik-teriknya menyinari track di Taman Kota 2 ini, usia muda membuat balapan kali ini sangat menarik untuk diikuti, jumlah putaran yang harus dilalui kelas Junior ini lebih banyak dibandingkan dengan kelas Master yaitu 4 Lap, manajemen power serta emosi yang baik tentunya akan menjadi salah satu faktor penentu kemenangan mereka.

Malik Utara sudah masuk sebagai pembalap pertama di lap 1, diikuti Asep Karyani dan Erik Andrianto, posisi seperti ini tidak berubah sampai putaran ketiga, namun di putaran keempat kondisi berubah, Asep Karyani memasuki finish di urutan pertama dengan total waktu tempuh 47.2.86 menit, hanya beda hitungan nol koma sekian detik pembalap Malik Utara masuk dibelakangnya sedangkan Erik Ardianto tertinggal dua detik di belakang Malik Utara.

Panasnya siang ini dibuat semakin menyengat dengan demo freestyle dari KTM Duke, area kuliner serta bursa sepeda sekejap saja sudah dibanjiri penonton yang akan menyaksikan acara ini.

Liukan pengendara di atas KTM Duke membuat pengunjung lupa akan teriknya sinar matahari siang ini, motor dipacu kencang dan pengendara unjuk kebolehannya menari-nari di atas KTM Duke. Riuh sorak penonton membahana ketika pengendara melakukan aksi berbahaya, kerlingan mata dan arah kepala pengunjung selalu mengikuti arah motor, ramai sekali suasana siang nan terik ini di Taman Kota 2, BSD City.

Baru sejenak menghela nafas dan sebotol minuman dingin membasahi kerongkongan dan mendinginkan tubuh, MC sudah mengumumkan bahwa kelas Women Elite segera dimulai, di kelas ini ada neng Kusmawati Yazid pembalap wanita kebanggaan Indonesia dan beberapa pembalap wanita lainnya.

Women Elite ini akan menempuh 4 putaran dan sampai putaran ketiga, posisi pertama masih dipegang oleh Kusmawati Yazid.

Kelas Women Elite ini dimenangkan oleh Kusmawati Yazid dengan catatan waktu 58.28.07 menit diikuti oleh Nur Wahyu Afriana dengan nomer start 103 serta Wilhemina di urutan ketiga.

Pukul 14.00 WIB kelas Senior sudah mulai dipanggil untuk persiapan sambil menunggu putaran terakhir dari kelas Women Elite.  Kelas Senior ini akan menempuh 5 putaran, ada 40 pembalap yang akan mengikuti laga di kelas Senior. Cuaca siang ini masih cerah dan panas tentunya namun wajah-wajah pembalap Senior ini tetap terlihat bersemangat

Start kelas senior dilakukan pukul 14.20 WIB diikuti oleh 40 pembalap. Suasana sore ini cuaca di wilayah Taman Kota 2 sudah semakin teduh dan dingin, peserta dari kelas senior ini harus menyelesaikan 5 putaran. Perlombaan ini didominasi pembalap Sardiana dari Foco Kamurang Club, diikuti oleh Sugeng Riyanto dan Ade Septa.

Posisi pertama kedua dan ketiga tetap sampai di akhir perlombaan yang dimenangkan oleh Sardiana yang biasa dipanggil Sarden dengan catatan waktu 1.03.37.27 menit dan di posisi kedua adalah Sugeng Riyanto dengan waktu 1.05.11.49 diikuti oleh Ade Septa Permana yang terpaut 1 detik di belakangnya.

Jam 15.15 para pembalap Men Elite terlihat sudah memasuki arena balap. Trio Jabar yang disegani di arena balap MTB terlihat memasuki gelanggang, ada Chandra Rafsanzani, Bandi Sugito dan Dadi Nurchahyadi sedang melakukan pemanasan, juga pembalap Zaenal Fanani dari WimCycle yang sempat menang di lomba tahun lalu terlihat sedang menyiapkan sepedanya.

Posisi lap pertama sampai kedua posisi trio Jabar masih memimpin di depan dan dibuntuti ketat oleh Zaenal Fanani. Memasuki lap keempat posisi mendadak berubah drastis, Zaenal Fanani memimpin jauh di depan trio Jabar

Tepat jam 17.20 WIB pembalap pertama kelas Men Elite memasuki garis finish, siapakah juaranya?  Lihat hasil keseluruhan di bagian bawah ya.

Akhir dari rangkaian acara Sinar Mas Land – JPG XC Open Championship ini adalah Podium, yaitu pengumuman pemenang serta pembagian hadiah. Wajah ceria para pembalap yang berhasil menempati posisi pertama sampai kelima terlihat di sekitar podium, menanti namanya dipanggil untuk naik.

Demikianlah acara Sinar Mas Land – JPG XC Open Championship yang telah sukses dilaksanakan selama dua hari ini, acara MTB Race yang menjadi barometer prestasi atlet di Indonesia, selamat untuk semua pembalap, anda memang layak menjadi juara.

Terima kasih kepada seluruh sponsor, pembalap serta pengunjung, pedagang parts sepeda serta kuliner yang sudah memeriahkan acara ini. Hasil keseluruhan dari acara ini adalah sebagai berikut:

Video Podium kelas Junior

result junior

result senior

Video Podium kelas Master A

Result A

Video Podium kelas Master B

result B

result C

result women

men elite Revisi

13 thoughts on “JPG Race 2013, Day 2”

  1. Berhasil menyelesaikan lima lap di kelas men senior tanpa di overlap tapi kok keterangannya DNF ya? Kalau memang finishnya di luar limit waktu kan bisa pake keterangan HD (hors delai). Masukan juga, buat yang di overlap bisa diberikan keterangan -1 lap, -2 lap, dan seterusnya.🙂

    eiya, itu yang men elite tampaknya starting list ya? bukan result? yang menang kemaren kan Fanani:mrgreen:

    just my 2 cents, salut buat om Eko Probo yang bisa langsung nulis coverage malamnya setelah seharian jadi panitia, top!

    1. om Rifu terima kasih masukannya, betul saya salah posting tentang result Men Elite, sudah saya perbaiki, semalam saya nulis sambil ngantuk euy …. hehehe … mengenai DNF saya akan tanyakan ke Race Director ya om, soalnya yang saya dapet dari Racing Commite seperti itu, ngga berani ngerubah isinya ntar saya disuruh balapan ama kelas senior kan berabe :p, thanks atas masukannya dan toleransinya atas kesalahan posting saya …

  2. Om Eko buat penghargaan bagi peserta yang sudah ikutan balapan, tolong Race Resultnya untuk semua peserta dong…

  3. Salut & sukses acaranya. Saya gak rugi walau gak juara datang dari singapur, tapi bisa nikmatin trek yang seru.
    Pengenalan treknya emang kurang karena cuma coba 1x itu juga hari jumat kayaknya belum semua dipagerin.
    Mudah2an tahun depan kalo ada lagi bisa kumplit.
    Tapi emang panasnya luar biasa menyengat.

    Selamat buat yang juara & terimakasih buat panitianya.

    Ps. Setuju dengan list semua peserta sebagai benchmark masing2.

  4. Om eko, ini video udara yang sudah saya proses :

    btw kalo gak salah om eko minta yang mentahan nya ya tapi sudah di buangin yg gak perlunya? dikirim kemana oom hehe, saya masukin cd aja soalnya gede filenya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s