narsis 2

Narsis Yang Salah Kaprah


Gemar foto-foto tidak hanya di kalangan anak muda, pria wanita yang sudah berusia lebih dewasa-pun seringkali melakukan hal yang sama, foto dipajang di berbagai media sosial, tepatnya foto diri sendiri dan itu dikatakan narsis oleh teman-temannya.

Kata narsis ini semakin mendunia, bahkan banyak yang bangga dengan menarsiskan dirinya, dalam arti kata mereka berkata bahwa dirinya narsis karena gemar difoto dan atau memasang foto dirinya, selain itu narsis bisa dijadikan sebagai “tuduhan” kepada orang yang sering memasang foto diri.

“Narsis dikit ah, mumpung ……”

“Narsis amat sih itu orang dari tadi foto-foto melulu…”

Bangga akan narsis, menunjuk orang dengan kata narsis dan menarsiskan diri sendiri karena bangga wajahnya beredar dimana mana, tidak hanya wanita, kaum pejantan-pun sering kita jumpai dalam keadaan narsis.

Narsis seringkali identik dengan foto diri, orang yang gemar difoto, orang yang gemar memasang foto dirinya, selanjutnya narsis berkembang pesat, mungkin karena kehabisan gaya, walaupun banyak anggota tubuh yang dapat dibuat bergaya namun aneh karena gaya sekarang adalah gaya manyun, bibir dibuat manyun seperti disengat tawon, mungkin manyun dianggap lebih afdol, pria wanita sama saja, pasang foto manyun, gaya manyun ini memang mirip orang stroke tapi dianggap hebat dan ini juga seringkali diidentifikasi sebagai narsis.

Sejak ada media social Instagram maka gaya foto diri bertambah, pegang handheld kemudian foto diri di depan cermin, hasil fotonya dipasang di Instagram… tentunya tidak lupa gaya manyun…. semoga bibirnya tidak kram … ini juga seringkali dibilang narsis, bahkan ada hashtag #narsis di Instagram yang isinya foto diri semua …

Bangga mengatakan diri sendiri narsis? Bangga dikatakan narsis oleh orang lain?

Narsis dalam bahasa ilmiahnya adalah “Narcissistic Personality Disorder” atau disingkat NPD dan ini sebenarnya adalah penyakit mental bukanlah orang yang senang difoto atau memajang foto diri, menurut beberapa ahli psikologi orang yang memiliki kepribadian NPD adalah orang yang mempunyai rasa percaya diri sangat tinggi, butuh kekaguman berlebihan, kurang empati dan iri hati. Selain itu kepribadian NPD juga selalu menganggap bahwa orang lain iri terhadapnya sehingga muncuk sikap sombong dan arogan,

Sudah dituliskan bahwa kepribadian NPD memiliki kepercayaan diri yang tinggi namun bukan dalam arti positif karena dibalik kepercayaan diri yang tinggi itu terdapat harga diri yang rendah, rapuh dan sensitif terhadap kritikan kecil saja.

Tidak bisa menerima kritik kecil dapat dengan mudah diindentifikasi, misalnya ketika membaca tulisan ini kemudian pembaca merasa sering menyebut dirinya narsis maka akan terlihat dari komentarnya yang cenderung mengalihkan esensi tulisan ini atau mencari pembenaran tindakannya dengan berbagai alasan, padahal kalau anda tidak memilili penyakit NPD kenapa harus tersinggung?

Adapun gejala umum kepribadian NPD adalah mementingkan diri sendiri serta melebih-lebihkan diri secara berlebihan namun tanpa ada hasil yang dicapai. Angan-angan kepribadian NPD seringkali tidak realistis karena tidak bisa mengukur kemampuan diri dan tidak bisa menghargai orang lain.

Bangga dengan foto sendiri karena memiliki kepercayaan diri tinggi tentunya berbeda dengan kepribadian “Narcissistic Personality Disorder” karena NPD adalah penyakit mental dan banyak hal negatif di dalamnya.

Semoga setelah membaca ini kita tidak lagi bangga dengan menyebut diri narsis atau memberi julukan narsis terhadap orang lain karena sebenarnya arti narsis itu bukan seperti yang kita bayangkan sebelumnya.

Masih bangga dengan julukan narsis? masih mau mengatakan diri anda narsis?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s