b3

Review NORCO Range Killer B, Part 1


Review part 2 clickPART 2

Kali ini ada lagi MTB dengan spesifikasi All Mountain lingkar roda 27,5 Inch yang menarik perhatian saya, NORCO Range Killer B, sepeda asal Canada ini menarik karena aneh bagi saya, sepeda ini bawaan pabriknya menggunakan rims 27,5. Rims MTB yang beredar masal di Indonesia adalah 24 inch untuk anak-anak dan 26 inch untuk dewasa, belakangan ini muncul lagi rims 29 inch yang juga sudah mulai mewabah di kalangan penghobi sepeda gunung.

Tanpa banyak basa-basi langsung saja dus berisi Norco Range Killer B saya minta untuk dibuka, berdasarkan website Norco Bicyles sepeda ini untuk penggunaan All Mountain, terdiri dari 3 kasta yaitu Range Killer B1 sampai B3, yang masuk Indonesia baru Range Killer B3 saja, jadi apa boleh buat deh… perbedaan hanya di parts saja bukan geometry sepeda, seperti apa wujudnya sejak di dalam kardus sampai dia berdiri tegap? lihat video di bawah ini:

Kardus buluk di hadapan saya ini isinya tidak buluk.. hanya dalam waktu 25 menit sepeda ini sudah berdiri tegap dan siap dicoba, sayangnya sore itu hujan lebat jadi kurang afdol untuk test ride.

Ada beberapa parts yang berbeda dibandingkan dengan yang tertera di website Norco Bicycles, lumayan lah saya diuntungkan karena jatah Tire Schwalbe Hand Dampf yang seharusnya ada di tipe B1 dan B2 bisa nemplok di tipe B3

http://www.norco.com/

Keuntungan berikutnya ada di FD, seharusnya yang nemplok di Norco Range Killer B3 adalah SRAM X5 tapi ternyata FD bawaan Range Killer B2 yaitu SRAM X7 yang nempel …. hehehe lumayan euy

http://www.norco.com/

Kenapa saya pilih lingkar roda 27,5 inch? tentunya dengan pertimbangan sederhana saja sebagai berikut:

  1. Frame untuk wheelset 27,5 inch biasa disebut juga 650B bisa masuk juga wheelset 26 inch dan tidak terlalu merubah bentuk seperti kalau frame 29 diganti wheelset 26 inch
  2. Hari ini saat tulisan ini dibuat belum ada yang jual ban dalam untuk cadangan namun sudah dicoba bisa menggunakan ban dalam 26 inch dengan sedikit paksaan untuk kondisi darurat. Hitungan matematisnya: 1 Inch = 2.54 cm. Sehingga diameter rims 26″ dengan 27″ berbeda 3.81 cm saja, karena ban dalam itu karet maka ditarik melingkat untuk diameter seperti itu tidak terlalu masalah hanya saja harus gunakan ban dalam 26 inch dengan ukuran besar misalnya 2.50 agar karetnya lebih lebar. Masalah utama ban bocor sudah bisa diatasi… hehehe
  3. Wheel set 26 inch apabila dibandingkan dengan 29 inch akan ada kelebihan kekurangannya, oleh karenanya diciptakanlah 27,5 inch untuk merangkum keduanya. Kelemahan 26 inch terhadap 29 inch bisa diatasi oleh 27,5 inch dan sebaliknya …
  4. Saya belum lihat ada yang menggunakan wheelset 27,5 inch di jalan atau track sehingga saya penasaran ingin mencoba kelebihan dan kekurangan tipe ini.
  5. Geometry sepeda dengan head tube angle 66.5 derajat memang saya cari untuk sepeda All Mountain dan tentunya bentuk serta warna sepeda ini cocok dengan selera saya pribadi.
http://www.norco.com/
http://www.norco.com/

Geometry Norco Range Killer B adalah sebagai berikut:

http://www.norco.com/
http://www.norco.com/

Keesokan hari sepeda ini baru saya coba, track awal yang dicoba adalah jalanan aspal dekat rumah, menempuh 15 km di jalanan aspal untuk mengatahui kondisi umum sepeda ini di jalanan mulus, hasilnya :

  1. Handle bar kurang cocok dengan riding style saya, harus menggunakan handle bar rise minimum 30 mm
  2. Head tube angle 66,5 derajat, lebih landai 1 derajat dibanding sepeda sebelumnya KHS Velvet 2010 dengan head tube angle 67,5 derajat terasa sekali perbedaannya.
  3. Seat tube angle 73.6 derajat dibanding sepeda sebelumnya KHS Velvet dengan seat tube angle 73 derajat juga terasa besar pengaruhnya, kali ini Norco Range Killer B saya prediksikan sama enaknya dengan Velvet untuk melalui tanjakan technical dan lebih enak untuk turunan ekstrim dan technical karena head tube angle lebih landai ditunjang travel fork lebih panjang 10 mm dari Velvet yang travel forknya 150 mm
  4. Cara beloknya agak beda dengan rims 26 inch, 27,5 agak lebih berat jadi harus main pinggul atau sepeda lebih miring dan yang saya rasakan lebih stabil dibandingkan dengan 26 inch
  5. Tarikan awal 27,5 inch lebih berat dibanding dengan 26 inch namun ketika sudah meluncur terasa lebih cepat dan nyaman ketika melalui jalanan rusak.

Segera setelah sepeda bisa dipastikan jalan saya registrasi sepeda ini ke website resmi Norco Bicycles, setidaknya sepeda saya sudah tercatat di sana🙂

Hari ini baru sempat di jalanan aspal untuk test awal, karena sepeda ini peruntukannya untuk jalanan offroad maka hari berikutnya akan saya test di habitat yang sesungguhnya… nantikan saja review ala saya di blog ini.

## Catatan: Wheel set / Wheel size 27,5 Inch biasa disebut juga wheel size 650B

Salam Review

Twitter & Instagram: @ekoprobo

15 thoughts on “Review NORCO Range Killer B, Part 1”

Tinggalkan Balasan

