broadcast-message-1x-aku-cuek

Si Bodoh Dengan Telepon Pintar


Teknologi maju seringkali disikapi mundur oleh orang-orang yang pintar namun malas berpikir. Pintar? iya benar mereka pintar, rata-rata pelaku broadcast ini anak kuliahan, pekerja yang sudah lulus kuliah bahkan tidak sedikit dari mereka memiliki jabatan tinggi di perusahaan.

Kisah awalnya diawali dengan pelayanan Blackberry (BB) yang bermasalah, akibatnya salah satu fitur andalannya, BlackBerry Messenger (BBM) mengalami gangguan, proses kirim pesan terhambat. Entah siapa yang mengawali namun dalam waktu singkat beredar Broadcast Message (BM) yang isinya seperti di atas dan di bawah ini:

“Yg blom bisa keganti DPnya kirim BC ini ke semua kontak. Dlm 5 menit DP anda akan langsung berubah. Di bawah sudah diisi kode pusat 0324129856478521334687”

Selain BM ini masih ada lagi BM pendahulunya :

Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami, bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini. Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan BlackBerry Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda  maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. Simbol akan mengupdate otomatis dalam BB Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Blackberry Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan. warna baru untuk chatting. Dear Blackberry pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari. Jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version. If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena ‘Blackberry ‘adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak
Bukan broadcast sembarangan
Ini serius!! Bisa di cek

Latah atau ingin eksis di dunia maya? Banyak orang berlomba-lomba meneruskan pesan ini ke seluruh kontak yang ada di BBM mereka tanpa pernah klarisikasi kebenaran berita ini.

Siapa saja mereka? Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, mereka ini rata-rata kalangan terpelajar yang katanya pintar, pendidikannya tinggi, bahkan beberapa orang jabatannya tinggi, wawasan mereka katanya luas dan hebat.

Konyol karena pesan seperti itu sudah beredar sejak awal BB melonjak penjualannya di Indonesia dan sudah puluhan kali pula orang-orang itu membuktikan bahwa pesan itu bohong belaka, namun mereka tetap saja keukeuh mengirim pesan aneh dan tidak berguna itu, mungkin latar belakang pendidikan tinggi menjadi perisai mereka, jabatan tinggi menjadi pelindung mereka karena anak buahnya pasti tidak akan berani menegur atau bahkan menulis “HOAX” sebagai balasan pesan tersebut.

Bukan sekali dua kali saya menegur mereka dan jawaban klise selalu terlontar dari mereka:

“Cuma ikut-2an teman”

“Iya pak HOAX”

“Cuma nerusin pesan teman”

“Terpaksa ikut-ikutan teman”

“Baru upgrade OS”

“BB baru dibenerin”

“BB baru diopname”

“Sorry BB dibajak”

alasan-alasan di atas adalah alasan BASI

Kata-kata di atas benar-benar jawaban masal, selain itu banyak dari mereka yang keukeuh, keras kepala karena besok-besoknya tetap saja terus mengirim pesan basi dan tidak bermutu

Heran dan takjub koq bisa-bisanya mereka kirim pesan tanpa klarifikasi kebenaran berita itu, kecanggihan BB ternyata tidak tidak diimbangi oleh tindakan sederhana, tidak diimbangi oleh logika sederhana. Banyak orang yang kondisinya jauh di bawah mereka saja bisa paham bahwa pesan berantai itu hanya bohong belaka.

Sumpah serapah di media sosial yang menuding mereka bodoh juga sudah banyak seliweran, namun mereka tetap keras kepala untuk terus mengirimkan pesan bodoh tersebut, keras kepala atau benar-benar bodoh?

Saya yakin betul bahwa BM yang mereka kirimkan isinya bohong atau anda bisa buktikan bahwa itu benar? ayo silakan buktikan

Selain BM yang berkaitan dengan kasus layanan BB masih ada juga dalam kesehariannya yang kerjanya hanya Test Contact (TC). (Sekarang TC sudah bisa dilakukan dan hasilnya kalau teman kita sudah tidak ada maka akan muncuk pesan untuk re-invite atau delete contact)

“TC no need to reply”

“Sorry BM, test contact”

Baca tulisan di  bawah ini dan cermati isinya :

Tes kontak BBM yang sia-sia”

Masih sering ‘Test Contact’ dengan mengirimkan broadcast?

Penasaran dgn efektifitas metoda itu maka dilakukan ujicoba seperti ini:

Disiapkan 3 Blackberry milik 3 teman yang sudah saling terhubung, katakanlah A, B & C

1. C delete contact A. Ternyata Contact C masih ada di A. Kadang2 tidak ada foto

2. A kirim broadcast message ke B & C

3. B menerima pesan dari A

4. C tidak menerima pesan dari A

5. A juga ngga tau B & C terima pesan atau tidak, kecuali blm end chat krn sebelumnya pernah bbm-an

6. Kesimpulan, test contact dgn cara Broadcast Message sia2 aja. Contact yang sebenernya sdh ngga ada tetap ngga akan ketauan dgn cara broadcast

7. Sekarang A kirim pesan personal ke C, tapi bukan broadcast, muncul pesan : “Re-invite / delete contact”

Nah itu lho caranya check contact (no.7), bukan dengan broadcast

Coba deh cara itu, setelah tau masih mau kirim broadcast untuk check contact? Percuma aja deh.

* bb yg dipake utk test:
A. Onyx (9780) OS 6.0
B. Amstrong (9320) OS 7.1
C. Gemini 3G (9300) OS 5.0

Semoga selanjutnya rekan2 ngga sia2 Test Contact dgn broadcast.
Lagipula tanpa kita sadari, mungkin Test Contact yg kita lakukan ternyata mengganggu aktifitas orang lain.

Gunakanlah teknologi dengan bijaksana.

“Tes kontak BBM yang sia-sia”

Kalau saja mereka mau membaca tulisan di atas itu dengan teliti, kalau saja mereka tidak egois, maksudnya egois adalah hanya mau mengirim BM tanpa pernah mau membaca BM yang masuk namun benar, tentunya tidak akan lagi mereka BM sekedar untuk test contact.

Hanya dengan logika sederhana saja sebetulnya, kalau mereka memang sering komunikasi melalui BBM dengan teman-temannya tentunya sang teman masih ada dong, kalau memang mereka tidak pernah komunikasi maka sapa saja secara personal, tentunya sang teman akan merasa dihargai dibandingkan dengan mengirim pesan masal seperti itu.

Atau ada lagi cara mudah, kalau memang tidak pernah komunikasi hapus saja kontak teman anda dari BBM, toh untuk komunikasi masih banyak cara lain … sekali lagi … masih banyak cara lain selain menggunakan BBM.

Apakah mengganggu? iyalah mengganggu karena kalau tidak dibalas dianggap sombong, kalau dibalas sama saja membenarkan cara mereka.

Sekarang kita tunggu saja apa reaksi mereka setelah membaca tulisan ini, malu? marah? mencari-cari kesalahan tulisan ini? hehehe biasanya sih yang salah yang nyolot, ngambek, marah, ngajak debat kusir seperti kebiasaan masyarakat di negara ini.

Jadilah manusia pintar yang benar-benar pintar, kalau sudah benar-benar pintar jangan tutupi kepintaran tersebut dengan hal sepele yang memperlihatkan kebodohan kita. Gaptek bukanlah alasan karena hanya perlu membaca dan klarisikasi kebenaran berita, tidak perlu sekolah tinggi untuk bisa melakukan hal tersebut.

broadcast-message-1x-aku-cuek

“Jadilah manusia pintar dengan telepon pintar bukan menjadi manusia bodoh dengan telepon pintar”

Salam pintar-pintar bodoh

Twitter @ Instagram: @ekoprobo

14 thoughts on “Si Bodoh Dengan Telepon Pintar”

  1. Itulah ko,orang yg katanya pinter itu dibodohi oleh teknologi alias blm siap menggunakan teknologi yg ada hehehe.

    1. Ndring sebetulnya selain belum siap mereka juga kegedean gengsi untuk terima kanyataan kalau yang mereka lakukan itu salah, bahkan beberapa orang langsung nyolot, delete contact BBM, unfollow di twitter atau unfriend di FB … hihihi … lagian udah tau salah bukannya dibenerin malahan ngambek … payah dah

  2. Kenyataan ini yang membuat kesan bodohnya pengguna Blackberry.

    Dan kebodohan ini yang membuat BlackBerry masih banyak penggunanya di Indonesia

  3. Jumlah orang bodoh di negeri ini adalah fungsi dari jumlah BB (yang ada di negeri ini)? LOL ..

    Gendring alias Ninan alias ??? .. kamana wae euy?

    1. bae-bae aja koq Nan ..

      kapan niy kita silaturahmi (baca: kongkow, soalnya lagi bulan puasa,red)?
      di Anggrek Loka banyak tempat kongkow sekarang .. hasil kerjaan si Eko .. xixi ..

      1. hayuk lah mari kita nongkrong di Anggrek Loka, mau tongkrongan yang mana? semua deket cuma sepenggowesan dari rumah

  4. Mas eko..
    gw baru beberapa baca artikel/tulisan yg mas buat
    gw kagum dah..:D
    klo boleh,ada beberapa bacaan yg pngen Ku copas
    bolh ya izin copas ya?
    takut nya gw kena
    Hak cipta dilindungi UU
    hehe..
    salam !!

  5. siaap..
    Sumber akan selalu dikedepan kn
    karena dilingkungan ku masih
    sering ku temui org2 sperti itu
    kepemilikn HP hnya di dasari rasa keinginan,bukn kebutuhan

  6. Sorry bro….
    Soal BC itu gw kurang sependapat.
    Emang sich klo untuk HP BB gk berfungsi, tp klo untuk BBM android berfungsi buat mengetahui tmn yg udh delcon. Pasti muncul reinvite.

    1. Betul bro anang, setuju juga kalah sekarang BC test contact bisa berfungsi untuk test contact, tapi pada saat tulisan ini dibuat fungsi test contact belum berfungsi dan bbm hanya ada di Blackberry belum ada di android dan Ios seperti hari ini, thanks sudah mampir blog saya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s