Moonlight 2013

Jalur Presidium JPG MTB Park


Presidium? ya Anda benar, Sabtu malam tanggal 20 Juli 2013, komunitas MTB (Mountain Bike) terbesar dan tertua di Indonesia menggelar acara JPG Moonlight 2013. Acara ini sering dikenal juga dengan sebutan JNR (JPG Nite Ride), kegiatan rutin sepedahan malam-malam ini seperti orang kurang kerjaan… emang dasarnya hobi, ada aja cara untuk bisa sepedahan di bulan puasa ini, terutama sepedahan malam-malam di tempat yang sebagian besar tuna cahaya.

Tak diduga tak disangka, malam itu padepokan JPG disatroni ratusan sepeda, benar-benar ratusan orang kurang kerjaan. Padahal sticker yang dicetak untuk doorprize hanya disiapkan 200 lembar saja, itupun sudah dirasa terlalu banyak.

1069844_487488664673400_1174801854_nMoonlight 2013Seperti laron melihat lampu, cahaya saung menggoda para goweser untuk menghampiri pengurus JPG, 200 lembar ludes tak berbekas, di belakangnya masih tersisa 50 JPG’ers berhati mulia, walau tanpa harapan memenangkan puluhan doorprize, mereka tetap tinggi hasratnya untuk ikut acara ini.

Tercatat 250 MTB ikut gowes bersama, juga ada sekitar 30 MTB yang jaga warung karena berbagai sebab, ada yang telat datang, ada yang mendadak kalap makan nasi uduk, ada yang mendadak bentrok dengan males atau ngantuk, namun mereka justru menjadi bagian penting juga di acara ini, selayaknya dunia kami, selalu ada saja kompor penghangat suasana, dan mereka adalah kompor meledug, suara gaduhnya memecah keheningan malam, jangkrik saja sampai minggir memberi ruang untuk gelegar tawa sahabat-sahabat penjaga kambing guling di saung.

Usut punya usut, ragam alasan mereka hanya upaya pengalihan saja, rupanya mereka memiliki penciuman yang tajam, aroma kambing guling siap santap tercium juga… hehehe hebat euy tau aja ada makanan enak.

Kerlap-kerlip lampu sepeda tidak bisa menerangi jalan yang kami lalui, namun cahaya itu bagai pelita dalam kegelapan … halah kenapa jadi lagu Hymne Guru?

Rute yang dilalui sengaja dipilih tidak sangar bin gahar, jalanan relatif datar tanpa tanjakan penguras tenaga ataupun turunan penciut nyali. Dalam rombongan ini ada emak-emak dan bocah cilik, semangat mereka patut diacungi jempol, salut untuk keberanian dan semangatnya.

Menyusuri jalanan tanah campur paving blok dengan bumbu aspal sepanjang 14,5 km adalah hal menyenangkan karena hanya dilakukan malam hari di bulan Ramadan, berteman dengan nyamuk serta berpapasan dengan hewan melata seperti ular menjadi sensasi kecil pendongkrak adrenaline peserta.

Bocor ban di tengah perjalanan adalah hal yang menggembirakan bagi peserta lainnya, musibah ini bukanlah musibah kalau dialami di tengah 250 orang, Kesempatan berharga ini dimanfaatkan oleh sebagian besar peserta, kilat lampu blitz memecah gelapnya malam (kalau malam mah emang pasti gelap yak?)

Selalu berusaha ada di hadapan cahaya blitz demi terciptanya foto diri, ragam gaya dan upaya menjadi salah satu cara untuk terlihat dalam layar, untungnya ….. dari sekian ratus orang yang ada, tidak satupun saya temui menggunakan gaya kram mulut dan lidah, gaya monyong-monyong ini memang sedang trend di kalangan anak muda.

14,5 km memang tidak jauh, finish sudah di depan mata, acara selanjutnya adalah pembagian puluhan doorprize. Sudah disiapkan puluhan kaos, mug, jam dinding, frame MTB serta 1 unit sepeda MTB merk KTM, asli buatan Austria, bukan KTM-nya Inul Daratista lho !!

Gelontoran doorprize dijeda sebentar, acara berikutnya adalah sosialisasi pemilihan ketua JPG periode 2013-2015. Sosialisasi ini dikomandoi olah founder JPG yaitu Djati Kesawadjati, diceritakan dengan singkat dan jelas tentang maksud dan tujuan acara malam ini. Ujung-ujungnya diadakan voting secara damai dan terkendali, tanpa perlu debat kusir ala anggota DPR, tanpa perlu adu kepentingan partai seperti yang sering dicontohkan oleh anggota dewan yang katanya terhormat.

Pilihan hanya ada dua:

1. Ada ketua umum seperti periode sejak jaman baheula sampai 2013

2. Dibentuk presidium, dalam artian nantinya kepengurusan dipegang oleh beberapa kelompok. Pertimbangannya JPG adalah milik bersama.

Voting dilakukan, dengan hasil keputusan terbanyak adalah opsi PRESIDIUM. Nantinya peminat dapat mengajukan diri atau kelompoknya kepada pengurus lama untuk disaring lagi.

Inilah dia kenapa jalur 14,5 km yang dilalui saya beri nama JALUR PRESIDIUM, kalau anda minat dengan file GPS Map (*.gpx) dapat anda download gratis di: http://www.everytrail.com/view_trip.php?trip_id=2229421

Usai sosialisasi dan voting, acara dilanjutkan dengan bagi-bagi hadiah, masih ada banyak lagi termasuk frame MTB serta 1 unit sepeda KTM siap gowes dan siap balap. Siapa sih yang dapat hadiah itu? Tonton aja lah VIDEO di atas.

DSCN0770aMana cerita tentang kambing guling? Bagaimana caranya saya cerita? wong begitu sampe finish di saung, kambing gulingnya juga sudah finish dilahap penunggu saung … hihihi …. semoga lekas gemuk …

Demikianlah kenapa judul tulisan ini bukan JPG Moonlight 2013 atau JPG Nite Ride 2013 atau Nite Ride 2013, karena dibalik acara ini ada acara yang lebih penting, sejak dahulu baru kali ini ditetapkan kepengurusan JPG adalah PRESIDIUM … artinya:

SEJARAH BARU di JPG Mountain Bike Park

Perjalanan 14,5 km ini sudah berhasil mengukir sejarah di JPG, tahun ini sudah ada perubahan besar di komunitas sepeda terbesar dan tertua di Indonesia.

Selamat bekerja untuk presidium periode 2013-2015, saya harus memberi selamat walau belum tahu siapa saja orangnya, tahu atau tidak yang penting saya sudah mengucapkan selamat, teriring doa dari saya dan seluruh pengurus periode 2011-2013, semoga komunitas ini semakin baik dan semakin berguna bagi para penghobi sepeda khususnya Mountain Bike.

Tetaplah jaga agar JPG Mountain Bike seperti tujuan awal dibentuknya, tetap jaga persaudaraan JPG’ers dengan segala tingkah polah yang menggemaskan, menjengkelkan namun juga merekalah yang sering menjadi alasan kita untuk selalu datang kembali ke JPG.

Ingin melihat foto2 lengkap dan download? silakan KLIK INI

Salam Presidium

Twitter & Instagram: @ekoprobo

//

11 thoughts on “Jalur Presidium JPG MTB Park”

  1. wuih mantep Oom eko !!! sayang saya gk bs ikutan NR di JPG kemarin malam…
    baca dari atas sampe bawah pas bagian paling saya suka “kambing guling habis di lahap penunggu saung” he he he he he he he mungkin kambingnya kruang Oom kalo 2 ekor kyknya cukup, lain kali kalo ada kesempatan saya hadir lagi ah di JPG ikutan santap kambing ihihihihihi

  2. taun lalu frame sekarang full bike! mantap om doorprize nya!!
    sayang taun ini udah nggak di jakarta lagi nih gw..
    semoga ke depan JPG tambah sukses di bawah kepengurusan yang baru

  3. abah eko pokona ngetoplah, mudah”an bisa trus gowes sehat trus bah, mudah”an dengan presidium temen” humas makin banyak jadi gak abah doang yang sibuk sendiri, klo ane gaptek uy,,, hehehe

    masukan lagi bah klo presidium kan semua kedudukukan sama, satu divisi dengan divisi lain? bener gak? tapi yang dari semua divisi kan harus bertanggung jawab pada pekerjaannya, trus harus ada decision maker yang membawahi semua divisi, mungkin harus ada Sekertaris Jendral yang bertanggung jawab pada semua divisi yang ada di JPG

    Mohon maap kalo salah…

    Salam

    Akang Guntur

    1. bener kang, lieur oge megang semua media JPG, sorangan deui😦
      posisi humas harus segera dialihkan ke generasi penerusnya nih
      hatur nuhun oge usulana, nanti akan saya sampaikan ke teman-2 pengurus

  4. susah loh Om…. jadi humas yg senantiasa mobile tiap hari apalagi gantiin Om Eko….., mungkin banyak jg yg bisa tp kita blm tau nanti kinerjanya gmn… paling ngga hrs sama atau lebih dgn apa yg Om Eko telah lakukan selama menjadi menteri penerangan di JPG kayak jaman orba ada menpen hahaha……. yg jelas semua JPG”ers kan butuh info atau masukan2 yg berguna,,….jadi nantinya yg menjabat sebagai menpen JPG hrs bisa melayani kebutuhan informasi para JPG”ers…..semoga humas JPG yg akan datang bisa melayani kebutuhan informasi para JPG’ers..Amien

    1. gampang om jadi Humas, ada fasilitas BB lho, kerjanya cuma kalau ada acara aja. Saya yakin Humas JPG berikutnya pasti akan lebih baik dibandingkan saya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s