DSC_3806

Pesta Rakyat MTB di JPG Bike Marathon


JPG MTB Park 22 Desember 2013

Dunia MTB (Mountain Bike) kadang susah dipahami oleh orang yang tidak ada di lingkungan kami. Tingkah polah serta gaya kami memang sulit dipahami, kenakalan dan kebandelan kami seringkali menembus batas normatif. Kami sama seperti orang-orang yang suka pesta, kami adalah segerombolan manusia yang kerjanya hanya bersenang-senang walau bagi sebagian orang kesenangan kami adalah penderitaan, aneh? betul kami memang aneh.

Garis pembatas strata sosial dan ekonomi tak pernah ada di dunia kami, kami hanya mengenal dua garis yaitu garis start dan garis finish baik dalam balapan maupun sekedar jalan-jalan santai di pegunungan maupun di pedesaan. Hanya ingin pesta di tengah alam dengan cara kami, hanya bersenang-senang melupakan segala masalah di luar dunia sepeda gunung.

Video:

Pucuk dicinta ulam tiba, komunitas sepeda gunung terbesar dan tertua di Indonesia menggelar hajatan akbar khas JPG Mountain Bike Park. Pesta rakyat di tengah keagungan alam dan keramahan penduduk lokal.

Sebetulnya awal terbentuknya acara ini karena keisengan salah satu teman saya, om Andri Dolphin, dia beruntung mendapat doorprize 1 unit sepeda merk Giant ATX 2014 saat mengikuti acara C2AM di Bandung pada tanggal 10 November 2013.

Karena takut sepeda dia terlalu banyak yang dampaknya salah satu sepeda akan digergaji istrinya maka sepeda tersebut diserahkan ke JPG untuk dijadikan hadiah. Rencananya akan dibuat balap kecil-kecilan, yang penting sepeda itu jangan sampai ketauan istrinya … hehehe

Andri Dolphin sang donatur doorprize

Ilham Baron kemudian meneruskan ide gila ini, acara yang tadinya hanya buat iseng-iseng saja, dikelola oleh Ilham menjadi acara besar, acara yang ditunggu-tunggu oleh MTB’ers Indonesia. Acara ini menjadi acara MTB terbesar di Indonesia pada akhir tahun ini, salut bro !!!

Minggu pagi 22 Desember 2013 kami sudah merasakan sambutan alam semesta, rintik hujan sejak subuh membuat lintasan JPG terlihat lebih menantang, jam 5.30 WIB sudah banyak goweser yang sibuk menyiapkan sepedanya, Keramaian di JPG rupanya tidak terpengaruh oleh hujan.

Hujan
Lulur Lumpur
Real Mountain Biker

Bagi kami, Alam Adalah Kawan, Bukan Lawan. Semangat itulah yang membuat acara ini tetap disambangi MTB’ers dari berbagai penjuru. Ratusan MTB’ers terlihat memadati base camp JPG. Jalan Astek Jombang, Desa Lengkong Gudang Timur, BSD City terlihat lebih pada dibanding hari-hari sebelumnya.

Balapan kali ini dibagi dua kelas besar yaitu Hard untuk 10 putaran dan Medium untuk 5 putaran saja. Peserta yang ikut acara ini terdiri dari berbagai usia, tidak ketinggalan beberapa wanita tangguh yang ikut meramaikan pesta rakyat di JPG.

Roll Call
Betis Pembalap

Basahnya tubuh mereka tidak mengurangi semangat, basahnya lintasan tidak mengganggu pengunjung dan pembalap, panggung dan tenda tetap berdiri di bawah rintik hujan, pesta kami memang benar-benar meriah.

Biasanya acara-acara outdoor selalu didampingi oleh pawang hujan, namun kali ini ada kemungkinan yang digunakan adalah pawang panas … hehehe

Fotografer profesional sekali
Tukang Foto dan Tukang Video sekaligus sembalap handal
Berharap ada yang nyusruk

Jam 7.30 lomba dimulai dengan kelas Medium, hanya 5 lap di lintasan JPG yang licin dan sedang lucu-lucunya. Juru foto dan juru kamera tidak mau ketinggalan mengabadikan acara ini, segala cara mereka lakukan demi rekaman gambar yang ingin mereka dapat.

Sembalap semua nih

Lintasan masih perawan karena ini adalah kelas pertama yang masuk. Peserta diberangkatkan dalam kondisi hujan, lintasan ini bukanlah lintasan yang asing bagi peserta namun kondisi kali ini berbeda mereka harus menempuh 5 putaran yang setara dengan kurang lebih 25 km saja, namun karena pertimbangan keselamatan maka jumlah putaran dikurangi hanya menjadi 3 saja.

Iringan MTB mulai masuk lintasan, hambatan pertama ada pada mental peserta, mereka harus bisa mengalahkan diri sendiri agar tidak turun mentalnya. Tanjakan dan turunan yang licin menjadi mainan mereka, jatuh bangun menjadi salah satu kesenangan mengikuti acara ini.

START !!!!!
Gadis cilik yang tangguh
Kasih ibu sepanjang masa

Ganteng dan cantik akan sirna sekejap setelah masuk lintasan, lulur lumpur pasti akan menjadi make up mereka di tengah lintasan,

Kelas Hard yang terdiri dibagi atas kelas Men Elite, Master A, B, C, Senior dan Junior diberangkatkan dengan selang waktu tertentu agar lintasan tidak terlalu penuh.

Tanjakan sumur merupakan handycap pertama, sulit digowes, sulit dilalui dengan jalan kaki karena sangat licin, sampai-sampai akhirnya disediakan tali tambang untuk membantu para pembalap melalui tanjakan ini. Jatuh bangun, terperosok atau terbang mendahului sepeda adalah hal yang menyenangkan bagi mereka.

Tanjakan Sumur

Keramahan penduduk lokal sangat terasa di beberapa lintasan yang lumayan sulit, mereka tak segan membantu pembalap yang mengalami kesulitan, tawa renyah anak-anak kecil di tengah hujan ini membuat suasana hati bertambah sejuk.

Turunan S dan Turunan Patok adalah lokasi favorit bagi fotografer yang ingin mempelajari teknik-teknik jatuh dangan baik dan benar seperti pada foto-foto di bawah ini.

Jatuh dan celaka pasti dialami mereka namun tidak terlalu parah karena hanya terpeleset sedikit saja, tim P3K JPG selalu bergerak cepat untuk menghindari akibat yang lebih parah.

Karena ini pesta rakyat tentunya tak lupa ada uang tunai jutaan rupiah bagi para pemenang serta puluhan doorprize dibagikan, di antaranya ada dua buah sepeda Full Bike KTM dari Bagus Bike serta Giant ATX sumbangan dari salah satu JPG’ers yaitu Andri Dolphin.

Hasil lomba dapat anda lihat di bawah ini:

5 Laps Open

Junior

Senior

Master A

Master B

Master C

Men Elite

Zaenal Fanani juara 1 Men Elite
Zaenal Fanani juara 1 Men Elite
Zaenal Fanani juara 1 Men Elite

Satu hal lagi yang saya suka dari teman-teman MTB ini, dalam suasana balapan, mereka tak pernah sungkan menolong lawan, mereka selalu saling bantu dalam kesulitan. balapan hanyalah cara mereka untuk saling akrab bukan untuk bersaing secara pribadi.

Acara selesai jam 17.00 dan tentunya tetap hujan mendampingi kami sepanjang hari, terima kasih kepada alam semesta yang telah mendidik kami untuk tetap tegar dan belajar menjaga kelestarianya, kami semua yakin kalau alam akan selalu menjaga mereka yang memperlakukan alam dengan santun dan penuh kasih sayang.

Foto-foto lengkap acara ini SILAKAN CLICK: FLICKR

Salam Gowes

Twitter & Instagram: @ekoprobo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s