Di Balik Blangkon dan Keris Bapak


Tulisan ini saya persembahkan untuk bapakku tercinta di hari ulang tahun yang ke 76 pada tanggal 8 Juni 2013

Hidup dalam keluarga Jawa yang medok tentu tak lepas dari nuansa budaya Jawa yang seringkali dilambangkan dengan blangkon dan keris. Pengalaman hidup saya banyak diwarnai budaya itu serta tempaan disiplin tinggi dari ayahku. Bapak … itu adalah panggilanku terhadap ayah.

Filosofi kehidupan masyarakat Jawa sangat kental melekat di bapakku. Tindak tanduk, perilaku bapak sangat njawani … lantunan gending Jawa senantiasa mewarnai suasana rumah bapak. Sejak kecil sampai saat ini suara gending Jawa selalu membuat hati saya hanyut dalam suasana keluarga yang hangat dan lembut … selembut hati ibuku tersayang.

331368_10150267468812703_2374073_o

Kelembutan tutur kata bapak diimbangi oleh sifat keras dan disiplin yang tinggi, bapak selalu menekankan anak-anaknya untuk selalu disiplin, berhati lembut dan santun.

Bentakan keras dari bapak yang berulang kali saya terima telah membuat saya semakin tegar, Lanjutkan membaca Di Balik Blangkon dan Keris Bapak