Bergegas masuk track karena kami pikir track penuh, namun ternyata pagi itu track sepi sehingga kami bisa melaju dengan tenang, 20 menit cukup untuk melewati track sepanjang 6,2 km tersebut.
video dan foto lainnya silakan baca selebihnya (read more) artikel ini
Minggu pagi 13 Maret, Jalur Pipa Gas (JPG) sudah penuh oleh sepeda, pagi ini ada even Polygon One Make Race Challenge.
Walau sudah berusaha pagi-2 sampai sana namun tempat parkir sudah penuh okeh mobil dan motor, segala macam jenis orang dan berbagai harapan ada terlihat di wajah mereka, ada yang datang untuk berlomba, latihan, sekedar lihat-lihat atau menjadi penonton.
Pandangan mata saya tak lepas dari pedagang bubur ayam yang di hari-hari biasa tidak ada disitu, 1 porsi bubur ayam dirasa sudah cukup untuk mengisi perut di pagi ini
Stand registrasi lomba masih ramai didatangi peserta.. baru berjalan beberapa langkah saya dengar nama saya dipanggil, ternyata ada teman gowes yang mengajak masuk track
Bergegas masuk track karena kami pikir track penuh, namu ternyata pagi itu track sepi sehingga kami bisa melaju dengan tenang, 20 menit cukup untuk melewati track sepanjang 6,2 km tersebut.
Keringat membasahi wajah dan baju kami, lumayan juga hari ini keluar keringat walau hanya 1 lap, usai melepas dahaga saya mengunjugi sebuah toko sepeda yang baru buka, Mami Bike Shop (MABES) letaknya persis disebelah warung mpok, hari ini Grand Opening toko tersebut, lumayan banyak pengunjungnya.
Toko ini akan memudahkan kami yang gowes di JPG, dan menambah koleksi toko sepeda di wilayah BSD
Helm warna merah menarik perhatianku, sementara helm lama sudah mulai usang, tak lama helm ini pun berpindah ke kepala saya.
Hari masih pagi, jam 09.00… race masih berlangsung dan hari ini saya ingin mencoba track mangkok yang letaknya di samping pumping track JPG, saya dan beberapa kawan menyusuri jalanan menuju track itu, niatnya hari satu kali saja mencoba, menemani Ismed yang penasaran dengan track tersebut.
Saya bergerak ke titik atas track bersama Ismed, sementara teman-teman lainnya menunggu di sisi satunya lagi, skenarionya sederhana saja, menuruni track melewati bidang datar dan naik ke dinding di seberang track dannnn loncatttt.
Setelah Ismed memahami tekniknya sayapun memberi contoh, tanpa ragu saya segera menuruni titik awal.. melaju kencang melewati dataran tanah dan entah kenapa kesadaran saya seakan hilang saat sepeda sudah terbang tinggi… dan brakkkkk!!!!!
Beradasarkan cerita teman-teman disana saya jatuh dan langsung pingsan, muka bagian kiri menghantam tanah dan keluar darah cukup banyak dari bibir kiri saya.
Rudi mulai panik dan berteriak-teriak melihat saya jatuh dan tidak bergerak, tak lama paramedic sudah datang membawa tandu untuk menolong saya. entah berapa lama saya pingsan.
Perasaan saya sedang naik sepeda menuruni track dan loncat-loncat… tiba-tiba ada suara yang mengagetkan… ini harus dijahit, suntik bius ya? waahhhh sontak saya bangun dari pingsan… mendengar kata jarum suntik ingin rasanya berdiri dan lari… namun apa daya, badan masih lemas, ya sudah lah pasrah aja muka saya dijahit dan ditusuk jarum suntik
Memar di muka dan pipi bagian bawah sobek, lumayan juga ada 3 jahitan di wajah saya. Untung hari itu ada perlombaan sehingga disana sudah standby 1 ambulance dan tenaga medik, saya bisa ditangani dengan segera
Tak lama teman-teman saya datang, Hendra Njoo dengan sigap membereskan sepeda saya dan mengantar saya kerumah, sementara rekan-rekan lain menyusul kerumah saya.
Cornelis arie berbaik hati mengantar saya ke rumah sakit, disana saya langsung masuk UGD untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut
Setelah seluruh badan saya diperiksa dan luka-luka dibersihkan, akhirnya dokter memutuskan saya boleh pulang, dan harus istirahat 3 hari dirumah, esok hari harus periksa CT Scan untuk memastikan semua dalam keadaan baik
Tadi sore EmJe datang menjenguk saya kerumah, kami bincang-bincang sedikit mengenai penyebab kecelakaan ini, setelah mempelajari videonya secara seksama ternyata saya loncat terlalu tinggi, anehnya badan sudah condong kebelakang namun sepeda masih terlihat condong ke depan, saya pun sadar bahwa sebelum saya loncat kesadaran sudah hilang, entah ada apa disana seakan badan saya tertahan sesuatu.. Wallahu a’lam…
Apapun itu saya hanya bisa bersyukur bahwa tidak terluka parah dan patah tulang, hanya 3 jahitan menghiasi pipi saya, helm dan protecktor yang saya gunakan terasa benar manfaatnya, entah apa jadinya kalau tadi saya tidak menggunakan safety gear tersebut.
Istirahat di rumah, 1 minggu tidak bisa gowes, 1 minggu recovery berarti akhir bulan saya bisa gowes lagi nih.. hehehe pengen ke Hutan Cidampit aja ah
Terima kasih tak terhingga untuk rekan-rekan yang sigap menolong saya, Rudi Guguk, Teguh Bom2, Choky Hasibuan, Hendra Njoo, Cornelis Arie, Ismet, Ojie JPG dan rekan-rekan lain yang menolong saya termasuk paramedic yang sigap menjahit luka dan sukses menusukan jarum suntik di muka dan lengan saya, semoga Allah memberi pahala yang berlimpah untuk anda semua
waduh, keren juga jatohnya mas, ayo gowes lagi mas, cepet sembuh mas, Amin….
siap gowes lagi, ntar ya setelah lukanya pulih
Cepat sembuh om..
smoga besok hasil CT Scan bagus dan tidak ada sesuatu hal yg harus di terapi selain dari luka yg sudah diobati sekarang.
salam gowes
makasih ismed kemaren saya udah dibantuin, makasih juga buat videonya… sadis juga ente, gue sedang dijahit lu videoin..hahahah
cepet sembuh ya om…
makasih doanya
Semoga cepet sembuh.. klo begitu baru berasa ekstrimnya.. mantap..!
ayo kapan gowes lagi?
aduuh klo diajak gini jadi nyesel bgt jual sepeda.. Mau bgt, InsyaAllah klo ada rejeki.. mo nanya2 harga dulu di anugerah bike.. bengkel kakanya Jajang.. siapa tahu dihibahin sepedanya Jajang hahaha
wiiiiih,,hebraaat Pak.Eko,,gaya ngtrack nya ky nak ABG bgt pak,,,hehehe,,cpet smbuh y Pak.Eko,,
biar bs ngajar sbtu dpan Pak,, wah bekas luka dimuka ky sy bekas dicium aspal d pak sbln lalu,,,
iya makasih, Insya Allah hari sabtu udah bisa ngajar lagi
mungkin bapak melaju lebih kencang dari biasanya… kadang klo G forcenya beda dari yg biasa kita terima jadi blank.. * sok tahu aja ini mah * hehe
itumah gue udah ngeblank sebelum loncat, jadi ga bisa kontrol sepeda
Oooh.. berarti bisa jadi karena alasan lain itu.. hihihi.. o iya pak Klo di JPG jgn lupa baca do’a.. suka banyak kejadian janggal.. pasti tahu lah… konsentrasi kita suka tiba2 blank.. jadi inget pernah nabrak pohon padahal jalan datar.. :))
Cepet sembuh Ko…
cidampit ??? wachhh boleh juga tuch.. hihihiii…
iya pak chur, Insya Allah tgl 26 kita bergerak ke rumah hutan cidampit, ikut ya
Get well soon aki2 Eko dosen gelo.. Suksesss bikin gw shock hari pertama gw lg survey di trek JPG. Hahahahahaha..
jiahhhh teguh liat banget ya gue nyusruk? makasih ya bom-2 udah nolongin gue kemaren dan tetap tegar jangan kapok dan shock liat gue jatuh sampe pingsan, besok-2 gw ajak ke track wisata, datar-2 aja koq
Mantabs Om, salute buat anda, moga cepet sembuh ya Om, akhir bulan saya siap nemenin ke Cidampit dach.
hasim biar gue cepet sembuh bawain frame Pivot Fire Bird ama fork Fox
tu kan udah dibilangin inget umur ama pacar anda om emje..anda masih petakilan juga..dasar bocah tu.. eh senior nakal.. aka cupetong xixixi
ini tandanya minta beli helm pulpes pak.. nah helem pulpes kurang pas kalau gak beli sapidah donhil..
#racun #kaburr
tetap semangadh pak eko,…\m/
* cepet sembuh sob
pasti masih semangat do.. kapan mau gowes di JPG
moga cepat sembuh
makasih
Sebulan sebelumnya seorang BMX’er kakinya pindah posisi dan edannya kaki yang lunglai itu di balikin sendiri tanpa (nelen ludah ngeliatnya). Dua minggu sebelum ini seorang bocah lokal bergeser bahunya, akibatnya sepeda BMX bututnya di gergaji sama bokapnya. Setelah owm Eko Crassh ada lagi yang mukanya babak belur di mangkok tanah merah ini, mukanya babak belur, tapi dia nyoba lagi dan gagal sekarang giliran kakinya yg keseleo.
Waduhh trek ini emang “liar” kami dari pengurus JPG belum berani mengolahnya. Mengingat tidak ada pengawasan di sini. Takutnya suatu saat ada anak lokal yang musibah bisa-bisa kita yg di salahin. Melihat endingnya yg lurus (tanpa reserve) serta berbatu..memang potensial bikin orang babak belur di sini.
bener om ojie, sepertinya kita haru mulai kampanye safety bike nih di JPG
Nice ah, ini jatuhnya bermartabat.. 😀
liat videonya deh, ada yang aneh, seperti ada kekuatan yang ngedorong ban belakang ke atas, padahal posisi badan udah kebelakang banget
Iyah, sudah liat… Posisi sudah balance, kok Tail malah jadi naik lagi.. ckckckckck
hiiiiii kunaon tah bisa begitu? amazing…
bukan terlalu percaya mistis tapi JPG mang rada2 angker, banyak berdo’a.. hehehe
Ban depannya jatuh bisa jadi karena: 1) ban depannya direm sehingga gaya puntir penyeimbang ban depan tersebut hilang, mengakibatkan sepeda kehilangan keseimbangan, dan, atau, 2) titik berat badan tidak disesuaikan untuk menyejajarkan ban depan dengan ban belakang pas pada titik parabola (perhatikan badannya kaku, lengannya terkunci/ngga main).
Jadi maaf, tetapi mohon tidak melulu bicara hal-hal mistis seperti orang yang tidak berpendidikan/berilmu.
Wahhh mantab nih analisa teknisnya… Makasih om jadi bisa banyak belajar… Kalo mampir ke JPG sekalian ajarin ya teknik2 seperti ini, supaya teman2 bisa bermain dengan aman dan benar… Makasih ya om
Untung owm Eko lekas sembuh dan tidak celaka lebih parah lagi. Saya punya kenalan sampai amnesia. Hati-hati goes, apalagi mencoba sesuatu yang teknis: pelajari teknis metodenya dan coba tingkat kesulitan rendah dulu, dan yang pasti jangan jor-joran; sudah cukup banyak lihat orang celaka! Sampai ketemu di JPG n happy riding!
maaf kalau sok tahu owm 🙂
Alhamdulillah cuma seminggu aja sakitnya om, minggu depannya udah bisa maen di Sebex. kalo ke JPG ajarin teknik-2 loncat ya, soalnya saya baru aja maen MTB jadi masih amatiran nih…
om saya baru upload lagi foto dan video baru disini, please cekidot
Mana? mana?
Ya itu di postingan yg sama, gw tambahin foto dan video
met sembuh bro eko,kita gowes brg dah
jiakakakakakakakakakakaaa
siap bro
Lekas sembuh pak….tetap semangat
thanks doanya farhan
Bapak ini sejak kecil doyan ngumpulin jaitan di muka.
Woman likes scars ya, ko?
Semoga cepet sembuh dan gowes lagi..hehehe.
jiahhh tumpal masih inget aja cerita gue kecil dulu, iya ya dulu kelas 3 SD udah nabrak pohon, dijait sebelah kanan, sekarang pipi kiri… udah ah g bakalan mau dijait lagi…
aduuuchhh
purwati
http://purwatiwidiastuti.wordpress.com
http://purwati-ningyogya.blogspot.com
http://purwatining.multiply.com
hihihihi, ngeri ya liatnya
ajib bener dah kecelakaan sepeda sampe gitu
trik internet gratis maret 2011
wiiih serem juga hehhehe 😀
cepet sembuh om, biar semangat gowes lagi, hehehe
makasih faaruq… lama ga keliatan di JPG?
heyaahh.. kemaren ketemu pak eko dikampus ga tega liat mukanya masih bengep..
semoga bs pulih scr keseluiruhan ya pak dan lebih hati-hati.
emang musti punten-punten di tanah merah situ om.
temen saya bulan februari awal juga jatoh di situ… sampe patah tulang pundaknya 😦
huahahahhahahhaha…..
hanya bisa ngakak ya,,,pak eko…
(*dalam hati mah bilang cepat sembuh ya dosen yang nyeremin….),,
bener om.. mesti hati-hati..
saya jg prnah jatuh disitu sampe 2 bulan pergelangan tgn saya kaku krn ke tekuk..
waduh?!? 2 bulan?
Blognya Bagus dan Postingannya menarik. Salam Sukses Selalu dan Semoga Tambah Jaya, http://indopipa.com/brosur/
Kalau saya liat sepedanya fullsus ya Omm…
Sepertinya melaju terlalu kencang, sehingga waktu lepas tanjakan tendangan balik dari shokbreker belakang cukup kuat untuk membuat sepada rolling ke depan.. jadinya yah nyungsep roda depannya…
Makanya saya ga berani nyoba “roller-coaster” dan mangkok karena pake fullsus…. padahal dah pensaran banget..
Salam kenal Om
hehehe yang salah mah saya om adi, salah handling, sepeda fullsusnya sih ga tau apa2, jangan takut pake fullsus om, sepeda ini udah sering loncat-2 koq dan ga ada masalah, kebetulan aja di kejadian ini saya miss handling
Segala sesuatu ada yg pertama kali pak…tapi bukan berarti kapok yaaa…GOGOGOGOGO !!
I simply must tell you that I like your blogs blog. This is an excellent, an eye-opener for sure! It is like you wrote the book on it or something.
Pak Eko, ikutan donk main di JPG,selalu suka sama tulisan Pak Eko…