Crash At Jalur Pipa Gas

Bergegas masuk track karena kami pikir track penuh, namun ternyata pagi itu track sepi sehingga kami bisa melaju dengan tenang, 20 menit cukup untuk melewati track sepanjang 6,2 km tersebut.

video dan foto lainnya silakan baca selebihnya (read more) artikel ini

Minggu pagi 13 Maret, Jalur Pipa Gas (JPG) sudah penuh oleh sepeda, pagi ini ada even Polygon One Make Race Challenge.

Walau sudah berusaha pagi-2 sampai sana namun tempat parkir sudah penuh okeh mobil dan motor, segala macam jenis orang dan berbagai harapan ada terlihat di wajah mereka, ada yang datang untuk berlomba, latihan, sekedar lihat-lihat atau menjadi penonton.

Pandangan mata saya tak lepas dari pedagang bubur ayam yang di hari-hari biasa tidak ada disitu, 1 porsi bubur ayam dirasa sudah cukup untuk mengisi perut di pagi ini

Stand registrasi lomba masih ramai didatangi peserta.. baru berjalan beberapa langkah saya dengar nama saya dipanggil, ternyata ada teman gowes yang mengajak masuk track

Bergegas masuk track karena kami pikir track penuh, namu ternyata pagi itu track sepi sehingga kami bisa melaju dengan tenang, 20 menit cukup untuk melewati track sepanjang 6,2 km tersebut.

Keringat membasahi wajah dan baju kami, lumayan juga hari ini keluar keringat walau hanya 1 lap, usai melepas dahaga saya mengunjugi sebuah toko sepeda yang baru buka, Mami Bike Shop (MABES) letaknya persis disebelah warung mpok, hari ini Grand Opening toko tersebut, lumayan banyak pengunjungnya.

Toko ini akan memudahkan kami yang gowes di JPG, dan menambah koleksi toko sepeda di wilayah BSD

Helm warna merah menarik perhatianku, sementara helm lama sudah mulai usang, tak lama helm ini pun berpindah ke kepala saya.

Hari masih pagi, jam 09.00… race masih berlangsung dan hari ini saya ingin mencoba track mangkok yang letaknya di samping pumping track JPG, saya dan beberapa kawan menyusuri jalanan menuju track itu, niatnya hari satu kali saja mencoba, menemani Ismed yang penasaran dengan track tersebut.

Saya bergerak ke titik atas track bersama Ismed, sementara teman-teman lainnya menunggu di sisi satunya lagi, skenarionya sederhana saja, menuruni track melewati bidang datar dan naik ke dinding di seberang track dannnn loncatttt.

Setelah Ismed memahami tekniknya sayapun memberi contoh, tanpa ragu saya segera menuruni titik awal.. melaju kencang melewati dataran tanah dan entah kenapa kesadaran saya seakan hilang saat sepeda sudah terbang tinggi… dan brakkkkk!!!!!

Beradasarkan cerita teman-teman disana saya jatuh dan langsung pingsan, muka bagian kiri menghantam tanah dan keluar darah cukup banyak dari bibir kiri saya.

Rudi mulai panik dan berteriak-teriak melihat saya jatuh dan tidak bergerak, tak lama paramedic sudah datang membawa tandu untuk menolong saya. entah berapa lama saya pingsan.

Perasaan saya sedang naik sepeda menuruni track dan loncat-loncat… tiba-tiba ada suara yang mengagetkan… ini harus dijahit, suntik bius ya? waahhhh sontak saya bangun dari pingsan… mendengar kata jarum suntik ingin rasanya berdiri dan  lari… namun apa daya, badan masih lemas, ya sudah lah pasrah aja muka saya dijahit dan ditusuk jarum suntik

Memar di muka dan pipi bagian bawah sobek, lumayan juga ada 3 jahitan di wajah saya. Untung hari itu ada perlombaan sehingga disana sudah standby 1 ambulance dan tenaga medik, saya bisa ditangani dengan segera

Tak lama teman-teman saya datang, Hendra Njoo dengan sigap membereskan sepeda saya dan mengantar saya kerumah, sementara rekan-rekan lain menyusul kerumah saya.

Cornelis arie berbaik hati mengantar saya ke rumah sakit, disana saya langsung masuk UGD untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut

Setelah seluruh badan saya diperiksa dan luka-luka dibersihkan, akhirnya dokter memutuskan saya boleh pulang, dan harus istirahat 3 hari dirumah, esok hari harus periksa CT Scan untuk memastikan semua dalam keadaan baik

Tadi sore EmJe datang menjenguk saya kerumah, kami bincang-bincang sedikit mengenai penyebab kecelakaan ini, setelah mempelajari videonya secara seksama ternyata saya loncat terlalu tinggi, anehnya badan sudah condong kebelakang namun sepeda masih terlihat condong ke depan, saya pun sadar bahwa sebelum saya loncat kesadaran sudah hilang, entah ada apa disana seakan badan saya tertahan sesuatu.. Wallahu a’lam…

Apapun itu saya hanya bisa bersyukur bahwa tidak terluka parah dan patah tulang, hanya 3 jahitan menghiasi pipi saya, helm dan protecktor yang saya gunakan terasa benar manfaatnya, entah apa jadinya kalau tadi saya tidak menggunakan safety gear tersebut.

Istirahat di rumah, 1 minggu tidak bisa gowes, 1 minggu recovery berarti akhir bulan saya bisa gowes lagi nih.. hehehe pengen ke Hutan Cidampit aja ah

Terima kasih tak terhingga untuk rekan-rekan yang sigap menolong saya, Rudi Guguk, Teguh Bom2, Choky Hasibuan, Hendra Njoo, Cornelis Arie, Ismet, Ojie JPG dan rekan-rekan lain yang menolong saya termasuk paramedic yang sigap menjahit luka dan sukses menusukan jarum suntik di muka dan lengan saya, semoga Allah memberi pahala yang berlimpah untuk anda semua

64 tanggapan untuk “Crash At Jalur Pipa Gas”

1. Cepat sembuh om..
    smoga besok hasil CT Scan bagus dan tidak ada sesuatu hal yg harus di terapi selain dari luka yg sudah diobati sekarang.

salam gowes

1. makasih ismed kemaren saya udah dibantuin, makasih juga buat videonya… sadis juga ente, gue sedang dijahit lu videoin..hahahah

1. aduuh klo diajak gini jadi nyesel bgt jual sepeda.. Mau bgt, InsyaAllah klo ada rejeki.. mo nanya2 harga dulu di anugerah bike.. bengkel kakanya Jajang.. siapa tahu dihibahin sepedanya Jajang hahaha

2. wiiiiih,,hebraaat Pak.Eko,,gaya ngtrack nya ky nak ABG bgt pak,,,hehehe,,cpet smbuh y Pak.Eko,,
    biar bs ngajar sbtu dpan Pak,, wah bekas luka dimuka ky sy bekas dicium aspal d pak sbln lalu,,,

3. mungkin bapak melaju lebih kencang dari biasanya… kadang klo G forcenya beda dari yg biasa kita terima jadi blank.. * sok tahu aja ini mah * hehe

1. Oooh.. berarti bisa jadi karena alasan lain itu.. hihihi.. o iya pak Klo di JPG jgn lupa baca do’a.. suka banyak kejadian janggal.. pasti tahu lah… konsentrasi kita suka tiba2 blank.. jadi inget pernah nabrak pohon padahal jalan datar.. :))

4. Get well soon aki2 Eko dosen gelo.. Suksesss bikin gw shock hari pertama gw lg survey di trek JPG. Hahahahahaha..

1. jiahhhh teguh liat banget ya gue nyusruk? makasih ya bom-2 udah nolongin gue kemaren dan tetap tegar jangan kapok dan shock liat gue jatuh sampe pingsan, besok-2 gw ajak ke track wisata, datar-2 aja koq

5. Mantabs Om, salute buat anda, moga cepet sembuh ya Om, akhir bulan saya siap nemenin ke Cidampit dach.

6. tu kan udah dibilangin inget umur ama pacar anda om emje..anda masih petakilan juga..dasar bocah tu.. eh senior nakal.. aka cupetong xixixi

ini tandanya minta beli helm pulpes pak.. nah helem pulpes kurang pas kalau gak beli sapidah donhil..

#racun #kaburr

7. Sebulan sebelumnya seorang BMX’er kakinya pindah posisi dan edannya kaki yang lunglai itu di balikin sendiri tanpa (nelen ludah ngeliatnya). Dua minggu sebelum ini seorang bocah lokal bergeser bahunya, akibatnya sepeda BMX bututnya di gergaji sama bokapnya. Setelah owm Eko Crassh ada lagi yang mukanya babak belur di mangkok tanah merah ini, mukanya babak belur, tapi dia nyoba lagi dan gagal sekarang giliran kakinya yg keseleo.

Waduhh trek ini emang “liar” kami dari pengurus JPG belum berani mengolahnya. Mengingat tidak ada pengawasan di sini. Takutnya suatu saat ada anak lokal yang musibah bisa-bisa kita yg di salahin. Melihat endingnya yg lurus (tanpa reserve) serta berbatu..memang potensial bikin orang babak belur di sini.

1. liat videonya deh, ada yang aneh, seperti ada kekuatan yang ngedorong ban belakang ke atas, padahal posisi badan udah kebelakang banget

1. Ban depannya jatuh bisa jadi karena: 1) ban depannya direm sehingga gaya puntir penyeimbang ban depan tersebut hilang, mengakibatkan sepeda kehilangan keseimbangan, dan, atau, 2) titik berat badan tidak disesuaikan untuk menyejajarkan ban depan dengan ban belakang pas pada titik parabola (perhatikan badannya kaku, lengannya terkunci/ngga main).

Jadi maaf, tetapi mohon tidak melulu bicara hal-hal mistis seperti orang yang tidak berpendidikan/berilmu.

1. Wahhh mantab nih analisa teknisnya… Makasih om jadi bisa banyak belajar… Kalo mampir ke JPG sekalian ajarin ya teknik2 seperti ini, supaya teman2 bisa bermain dengan aman dan benar… Makasih ya om

1. Untung owm Eko lekas sembuh dan tidak celaka lebih parah lagi. Saya punya kenalan sampai amnesia. Hati-hati goes, apalagi mencoba sesuatu yang teknis: pelajari teknis metodenya dan coba tingkat kesulitan rendah dulu, dan yang pasti jangan jor-joran; sudah cukup banyak lihat orang celaka! Sampai ketemu di JPG n happy riding!

1. Alhamdulillah cuma seminggu aja sakitnya om, minggu depannya udah bisa maen di Sebex. kalo ke JPG ajarin teknik-2 loncat ya, soalnya saya baru aja maen MTB jadi masih amatiran nih…

8. Bapak ini sejak kecil doyan ngumpulin jaitan di muka.
    Woman likes scars ya, ko?
    Semoga cepet sembuh dan gowes lagi..hehehe.

1. jiahhh tumpal masih inget aja cerita gue kecil dulu, iya ya dulu kelas 3 SD udah nabrak pohon, dijait sebelah kanan, sekarang pipi kiri… udah ah g bakalan mau dijait lagi…

9. emang musti punten-punten di tanah merah situ om.
    temen saya bulan februari awal juga jatoh di situ… sampe patah tulang pundaknya 😦

10. huahahahhahahhaha…..

hanya bisa ngakak ya,,,pak eko…

(*dalam hati mah bilang cepat sembuh ya dosen yang nyeremin….),,

11. bener om.. mesti hati-hati..
    saya jg prnah jatuh disitu sampe 2 bulan pergelangan tgn saya kaku krn ke tekuk..

12. Kalau saya liat sepedanya fullsus ya Omm…

Sepertinya melaju terlalu kencang, sehingga waktu lepas tanjakan tendangan balik dari shokbreker belakang cukup kuat untuk membuat sepada rolling ke depan.. jadinya yah nyungsep roda depannya…

Makanya saya ga berani nyoba “roller-coaster” dan mangkok karena pake fullsus…. padahal dah pensaran banget..

Salam kenal Om

1. hehehe yang salah mah saya om adi, salah handling, sepeda fullsusnya sih ga tau apa2, jangan takut pake fullsus om, sepeda ini udah sering loncat-2 koq dan ga ada masalah, kebetulan aja di kejadian ini saya miss handling