Lebaran family.Movie_Snapshot

Lebaran Kalender atau Lebaran Pemerintah?


Hari Raya Lebaran agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya namun sama dengan tahun-tahun sebelumnya lagi, bingung kan? Ya benar memang bingung tapi jangan dipikir deh. Kicauan teman-teman sering memunculkan istilah Lebaran kalender atau Lebaran pemerintah. Maksudnya lebaran kalender adalah Hari Raya Lebaran berdasarkan tanggalan merah di kalender yang sudah ada sejak awal tahun, namun beberapa tahun lalu sempat ada perbedaan hari antara kalender dengan pemerintah sehingga timbulah dua istilah tersebut di atas.

Berapapun tanggalnya ijinkan saya dan keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul FItri 1 Syawal 1434 Hijriah seperti yang dapat anda saksikan pada video di bawah ini:

Dulu gema takbir sudah terasa setelah magrib, patokan orang adalah kalender, beberapa tahun ini gema takbir baru terdengar setelah tanggal 1 Syawal diumumkan oleh pemerintah melalui sidang Isbat yang disiarkan melalui televisi dan radio. Tahun ini keputusan Idul Fitri 1 Syawal 1434 Hijriah diumumkan juga melalui sidang Isbat, dan kurang lebih jam 18.51 WIB pemerintah mengumumkan bahwa Lebaran kali ini sesuai kalender ….

hehehe hebat ya tukang kalender sudah tau lebaran jauh bulan sebelumnya, Kamis 8 Agustus dan Jumat 9 Agustus 2013 sudah diberi tanggal merah, hanya hitungan detik setelah pengumuman gema takbir terdengar juga letusan petasan di sekitar rumah saya.

Ucapan lebaran yang ada semakin gencar dilakukan dan ucapan selamat Idul Fitri memang selalu berkembang dari tahun ke tahun, dahulu semasa saya kecil, ucapan Lebaran terhadap teman biasa dilakukan dengan menggunakan kartu Lebaran. Masa kecil di Bandung menyisakan kenangan semasa merayakan Lebaran bersama keluarga besar saya. Kantor Pos di alun-alun Bandung adalah tempat yang acapkali saya sambangi untuk membeli kartu lebaran sekaligus mengirimkannya ke teman-teman.

Ucapan melalui kartu ini sekarang sudah semakin jarang dilakukan, mungkin karena teknologi berkembang, seingat saya masa berikutnya ucapan Lebaran dilakukan melalui SMS, handphone mulai merajalela, berikutnya ada Blackberry serta ragam smartphone IOs, Android, WIndows Phone yang tentunya membuat cara kita menyampaikan ucapan juga semakin berkembang dan kreatif.

Bagaimana tahun-tahun ke depan? Kita lihat dan tunggu saja apalagi yang akan dikembangkan sehingga kita bisa menyampaikan ucapan dengan beberapa cara baru.

Bagaimana dengan kehebatan tukang kalendar tahun depan? Apakah prediksi mereka akan kembali tepat sesuai dengan sidang Isbat pemerintah?

Gitu aja deh, kebetulan sedang iseng nungguin pengumuman sidang Isbat pemerintah sambil nulis-nulis di blog.

Salam Lebaran

Twitter & Instagam: @ekoprobo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s