2646_1123788176065_3120799_n

Perlukah Sekolah Pramugari ?


Ragam sekolah atau lembaga pendidikan non akademis semakin marak di lingkungan kita, salah satunya adalah sekolah Flight Attendant atau biasa dikenal dengan awak kabin.

Istilah Flight Attendant (FA), Awak Cabin, Stewardess bisa pria atau wanita namun istilah itu masih kalah populer dibandingkan dengan kata pramugari, oleh karenanya saya akan gunakan saja kata pramugari walau maksudnya bisa pria atau wanita.

774693_4107606535143_540693568_o

Kembali ke sekolah pramugari … sempat saya terheran-heran dan kagum melihat sekolah dengan jurusan khusus … Pramugari … bahkan beberapa teman di lingkungan pekerjaan saya beranggapan bahwa nantinya setelah lulus mereka akan langsung jadi pramugari … hmmmmm

Lingkungan kerja di airport adalah tujuan PKL yang sering disambangi siswa siswi dari berbagai macam jenis sekolah, salah satunya adalah sekolah pramugari, tentunya sebagai pengajar saya selalu ingin tahu lebih dalam mengenai materi yang mereka dapat di bangku sekolahnya.

Masa pendidikan yang mereka lalui beragam, ada yang 3 bulan, 4 bulan, bahkan sampai 8 bulan. Setelah melalui sebagian besar kurikulum yang ditetapkan mereka diwajibkan menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan) …. nahhhh ini yang mulai aneh…

Di sela-sela kegiatan PKL mereka banyak bertukar pendapat dengan saya tentang dunia pramugari,  banyak cerita terpapar dari siswa siswi PKL itu, juga harapan untuk menjadi pramugari. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah mendaftar di setiap kesempatan lowongan untuk menjadi pramugari.

Saya hanya mencoba berpikir logis, saya hanya berusaha mengungkap fakta yang ada… mari kita bedah fakta tersebut satu persatu.

Untuk bisa menjadi pramugari diperlukan persyaratan tertentu, salah satunya adalah lulus SMA, saya belum pernah melihat syarat pramugari harus lulusan bidang studi khusus, misalnya D3 elektro, D3 Perhotelan, Sarjana Ekonomi, Sarjana Teknik dan lain sebagainya. Tidak diperlukan gelar akademik sebagai persyaratan mendaftar pramugari walaupun beberapa perbangan mengutamakan lulusan D3 ke atas tanpa mensyarakan jurusan tertentu.

Selain persyaratan pendidikan tentunya ada persyaratan lain seperti kesehatan, persyaratan fisik serta kemampuan berbahasa asing.

Para calon pramugari tersebut akan melalui beberapa tahapan tes, apabila lulus akan maju ke tahap selanjutnya sampai mereka dipastikan lolos dan diterima. Apakah sudah dipastikan mereka jadi pramugari? owwww tentunya belum lah …

Ada hal lain yang membuat saya semakin heran. Persyaratan untuk bisa mengikuti tes penerimaan pramugari sangat jelas bahkan bisa dilihat oleh siapapun. Anehnya beberapa siswa sekolah pramugari yang pernah saya temui jauh dari persyaratan dasar untuk mendaftar lowongan pramugari … bisa dipastikan dia akan gagal di test pertama. Heran karena bisa diterima di sekolah pramugari. Seperti apa sih syarat untuk menjadi pramugari dan bisa ikut seleksi? silakan lihat di bawah ini:

PosterFA29Jun13

Tahap berikutnya adalah masa-masa pendidikan dasar yang sering disebut Initial Course. Di kelas initial inilah para calon pramugari ditempa oleh instruktur yang ditunjuk oleh perusahaan penerbangan tersebut, selain itu materi pelatihan tentunya disesuaikan dengan jenis pesawat yang mereka miliki.

Initial course ini bayar atau gratis? Maksudnya gratis ialah mereka dianggap sudah jadi karyawan dan disekolahkan oleh perusahaannya sesuai dengan standar perusahaan. Lupakan dulu masalah bayar atau gratis.

Singkat kata mereka lulus Initial Course dan jadilah pramugari yang siap bertugas, jadilah mereka awak kabin yang biasa dikenal dengan sebutan Flight Attendant. Terbang tinggi mengarungi angkasa dengan senyum dan tanggung jawab besar karena faktor keselamatan adalah hal utama dalam penerbangan.

2646_1123788176065_3120799_n

Nahhh  mari kita kembali ke masalah sekolah pramugari … Pada saat mereka lulus ternyata masih harus menjalani serangkaian tes dan sekolah lagi, kenapa? ya itu tadi standar pelayanan setiap perusahaan berbeda, termasuk jenis pesawat yang dimiliki belum tentu akan sama.

Anggaplah semua perusahaan memiliki jenis pesawat yang sama, lantas mereka-mereka yang sudah sempat sekolah pramugari tadi akankan diberi fasilitas untuk tidak mengikuti Initial Course?

Sejauh yang saya tahu sih tidak, mereka tetap harus menjalani Initial Course juga bersama calon pramugari yang lain. Lalu hasil sekolah mereka tadi bagaimana? Apakah diabaikan? Apakah tidak berguna? Ya tidak juga lah … ilmu yang mereka dapat pasti akan berguna namun tidak menjamin mereka akan diterima sebagai pramugari. Kenapa? ya itu tadi karena mereka harus mengikuti selekasi penerimaan juga.

Lulus sekolah tentunya mendapatkan tanda bukti lulus berupa ijazah atau sertifikat, namun sejauh yang saya paham sampai hari ini, sertifikat mereka masih lokalan saja dalam artian tidak setara dengan license yang dimiliki pramugari yang sudah lulus Initial Course dan mendapatkan lisensi terbang serta tipe rating, sehingga sertifikat mereka bukanlah sertifikat untuk jadi pramugari namun hanya sertifikat sekolah peminatan pramugari saja.

Kalau saya jadi mereka dalam artian saya berminat untuk menjadi Flight Attendant maka saya akan lebih memilih sekolah atau kursus bahasa asing karena bahasa asing adalah salah satu persyaratan lulus tes.

Mengenai ilmu di dunia kepramugarian tentunya akan mereka dapatkan di Initial Course, syukur-syukur gratis… Kalaupun bayar tentunya akan lebih jelas karena mereka jelas-jelas sudah lulus tes masuk, tinggal menyelesaikan kewajiban Initial Course.

Berdasarkan pengalaman dan fakta di lapangan, banyak pramugari yang latar belakangnya hanya SMA saja tanpa pernah mengenyam sekolah pramugari, banyak juga pramugari yang berlatar belakang pendidikan akademis dengan gelar diploma bahkan sarjana tanpa pengetahuan tentang ilmu Flight Attendant. Di bawah ini adalah salah satu contoh persayaratan untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan pramugari

FA MZ

Jadi ternyata yang menjamin anda masuk pramugari bukanlah latar belakang sekolah pramugari. Apapun latar belakang pendidikan anda asalkan lulus SLTA dan memenuhi persyaratan untuk tes maka anda diijinkan untuk mengikuti serangkaian seleksi.

Saran saya … kalau mempunyai cita-cita jadi pramugari dan ingin sekolah pramugari dengan harapan bisa diterima menjadi pramugari, carilah sekolah yang mempunyai sertifikat yang diakui oleh institusi yang berwenang mengeluarkan lisensi pramugari, sehingga anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mengikuti serangkaian tes dan Initial Course ….

Apakah sertifikat, ijazah, atau apapun namanya dapat membuat anda menjadi pramugari? Bisa jadi betul kalau sertifikat lembaga pendidikan tersebut diakui oleh institusi yang berwenang, yaitu  dibawah Direktorat Jendral Perhubungan Udara (untuk negara Indonesia). Kalau tidak, maka sertifikat sekolah anda hanya jadi sertifikat biasa bukanlah sertifikat atau lisensi yang membuat anda sah sebagai pramugari.

Semoga keinginan anda menjadi Flight Attendant tercapai …

“Your Attitude, Not Aptitude, Determines Your Altitude”

80 thoughts on “Perlukah Sekolah Pramugari ?”

  1. Kebetulan ini profesi saya yg sekarang, Pak. Saya lulusan d3 pariwisata. Pak Eko dulu dosen CIQ saya. Di maskapai ybs nantinya akan ada pelajaran ttg aircraft yg dipakai oleh perusahaan. Saya belajar boeing dan alhamdulillah license 747 & 767 sudah beres, jd siap terbang. Kasihan mereka yg sekolah khusus jd awak kabin karena belum tentu license sekolahnya sama spt syarat dr perusahaan maskapai. Sekian.

    1. Alhamdulillah dias udah jadi Flight Attendant🙂 senang dan bangga saya mendengarnya… maskapai apa nak?

    2. saya memiliki bekas luka di pergelangan tangan dan dikaki. setelah saya check ke dokter spesialis kulit ternyata bekas luka tersebut harus dilaser. apakah dengan kekurangan saya tersebut bisa memungkinkan untuk mendaftar sebagai pramugari pak ?

  2. ass.
    menurut saya tidak penting ,, dulu saya masuk pendidikan pramugari dan nyata nya saya tidak jadi pramugari pdahal dulu dijanjikan bekerja sbgai pramugari dengan biaya mencapai 40.000.000 . karena dijanjikan berbagai macam saya pun tergiur , ternyata saya harus ikut lagi tes dimaskapai yang membuka lowongan pramugari ,, sudah beberapa kali saya ikut tes dan nyata nya saya gagal. jadi percuma saja saya masuk pendidikan pramugari nyata nya saya tidak bisa mnjadi pramugari . yang baru lulus SMA mendaftar mnjadi pramugari bisa lolos , kdang saya berfikir ”pdhal kan saya sudah msuk pendidikan pramugari”.

    kalau memang ingin mnjadi pramugari,, kita semua kan sudah tau apa saja syarat yang harus dipenuhi, yah tinggal kita mndalami saja, contoh nya bahasa inggris gak perlu mengeluarkan uang sampai berjuta 2 kan kalau ingin bisa berbahasa inggris yang penting ada kemauan dan niat yah kita harus belajar .

    kalau sudah diterima menjadi pramugari pasti juga diberi pembelajaran lagi dan lebih lengkap , tanpa harus masuk pendidikan pramugari.

  3. Selamat sore pak, saya berniat untuk mendaftarkan diri sebagai Flight Attendant tahun depan. Saya mempunyai minus mata kurang lebih minus 2. Apakah itu akan sangat mempengaruhi? Saya pernah membaca salah satu artikel, bahwa seorang FA diperbolehkan memakai softlens. Mohon tanggapannya, terimakasih pak🙂

    1. Sore mbak, menurut beberapa syarat penerimaan FA yang pernah saya baca disebutkan tidak berkacamata, yang saya pahami maksud syarat tersebut adalah tidak minus, plus dan atau silindris. Namun bisa saja ada salah satu airlines yang menerima FA berkacamata / menggunakan softlens. Saran saya, jangan terlalu terpaku dengan profesi FA karena masih banyak profesi lain yang sama baiknya🙂

  4. Terima kasih atas materi blog-nya, Pak Eko..
    Menurut saya, apa yang Bapak tuliskan di atas adalah benar adanya. Saya sempat berpikir demikian tapi belum dapat mengurainya. Yak, ternyata terjawab pada kesimpulan di sini bahwa sekolah pramugari belum tentu menjamin lolos seleksi pramugari, intinya back to person and luck factor.
    Saya sedang membidik dunia penerbangan, terutama maskapai asing (kebetulan maskapai dengan uniform yang dipakai anak manis di foto di atas itu). Sedangkan usia saya saat ini 23 tahun dengan pendidikan D3 broadcasting dan S1 ilmu komunikasi (extension) dan berbagai pengalaman kerja, termasuk english proficiency. Awal tahun 2014, selesai skripsi saya, baru saya mulai apply ke maskapai tersebut.
    Kalau bersedia, mohon saran dan kritik untuk saya ya Pak Eko. Terima kasih

    1. saran saya sederhana saja, ukur kemampuan diri untuk mencoba jadi flight attendant, kalau memungkinkan silakan mencoba, namun apabila dirasa kurang maka hanya perlu bertindak realistis, coba lapangan pekerjaan lain

    1. Mari kita berpikir sederhana dan logis, sertifikat sekolah pramugari dengan sertifikat bahasa Inggris lebih berguna mana? Salah satu test masuk pegawai baru di banyak perusahaan adalah bahasa Inggris, sertifikat sekolah pramugari bukan syarat untuk mendaftar pekerjaan pramugari. Setiap test pramugari pasti ada test bahasa Inggris. Begitulah faktanya, nah menurut anda lebih berguna mana setelah melihat fakta tersebut?

  5. ass wr wb
    p eko saya nina ,saya mempunyai seorang putri bernama natasha yang insya allah tahun ini lulus smu dan berencana ingin mengikuti pelatihan /kursus calon pramugari di jakarta setelah saya membaca ulasan bapak saya jadi ragu ragu nih pak,mohon saran dari bapak terima kasih

    1. Sebenarnya mudah saja pak, tinggal pelajari persyaratan untuk menjadi pramugari yang bisa dilihat di beberapaa website, kalau sekiranya putrinya sudah memenuhi syarat tinggal tunggu waktunya saja untuk ikut test. Faktanya banyak juga yang diterima sebagai pramugari tanpa perlu ikut sekolah khusus.

    2. coba langsung daftar di official website masing-masing maskapai dulu menurut saya, siapa tau beruntung. tapi ada enaknya jga lho ikut pelatihan, soalnya perekrutan di lakukan di kampus tsb.

    3. setuju dengan apa yg disampaikan mas Eko, utk lebih melengkapi bagi ortu yang ingin mendaftarkan putrinya atau adik-adik yang ingin joint tes pramugari, please sms ke 08129377430

  6. Wah.. makasi bangt infonya pak…!!
    kemarin saya sedikit binggung tentang sekolah pramugari, dan sekarang sudah jelas…..
    sekali lagi terima kasi ya pak😀

  7. Saya rasa jika di tanya perlukah sekolah pramugari? bisa di jawab perlu atau tidak. karena seperti profesi lainnya misalkan internet marketing, perlukah “kuliah” untuk jadi master internet marketing /ahli IT? jawabnya bisa perlu bisa tidak.

    Tergantung masing2 individunya, sudah merasa bisa lolos kualifikasi sebagai pramugari /belum? jika belum ya belajar dulu… sekedar opini…

    1. Kalau gigi berlubang harus ditambal. Bekas luka selama tidak terlihat/ tertutup pakaian dan rok bisa. Mata minus bisa tapi ada max-nya dan disetiap maskapai beda2,setau saya di lion max minus 5.

  8. selamat siang pak,jd klw maw ikut tes pramugari gag usah school khursus pramugari y pak, trus seandaix klw school pramuagari ntar klw udah lulus pa lngsung krja taw msih tnggu lwongan krja pramugari pak ?????????trimakasi…

  9. Saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai menjadi pramugari. Syarat-syarat menjadi pramugari tiap airlines berbeda tapi pada dasarnya sama,hanya persyaratan tertentu saja yg membedakan. Seperti contoh silk air dan singapore airlines menambahkan persyaratan minumum diploma dan persyaratan yg lain hampir sama.

    Nah berhubungan dengan ulasan di atas perlukah kita sekolah dilembaga pendidikan untuk menjadi pramugari, ada 2 jawaban : bisa tidak dan bisa iya.

    Jawaban TIDAK :Kalau sekolah dilembaga pendidikan pramugari yg dibahas tentang kepramugarian saya kira kurang manfaatnya karena spt yg diulas pak Probo bahwa nanti ketika kita diterima di arilines akan dibahas materi yg sama,ujung-ujungnya pemborosan uang dan pemborosan waktu.

    Jawaban IYA : Yang kita perlukan adalah lembaga pendidikan yg short couse yg dapat mempersiapkan diri kita untuk mengahadapi OPEN RECRUITMENT di setiap ailines. Di lembaga itu nanti kita akan di didik untuk menghadapi wawancara,psycotest dll. Itu yg kita perlukan yaitu lembaga pendidikan yg mengajarkan supaya kita bisa LOLOS SELEKSI.

    Demikian mudah2an bermanfaat bagi rekan

    kunjungi jg web kami http://www.aerospins.com

  10. Pak saya mau brtanya. Apakah mnjadi seorang pramugari tidak boleh ada bekas luka? Kira2 kalau luka keloid di kaki dan bekas knalpot di betis msh bs ketrima mnjadi pramugari?

  11. Pa saya sari . Saya sekarang kelas 3sma . Baru baru ini ada sekolah pramugari yang dtg ke sma saya . Trus katanya ada jaminan kerja . Bahkan ada saat magang langsung direkrut. Masuknya sekitar 20 an juta. Waktu belajar nya satu tahun. Gimana mnurut bpa . Saya takut buang waktu dan buang biaya . Liat komen yg diatas tdi . Uda sekolah pramugari eh malah gagal jd pramugari. Saya juga org kampung duit 20 jutamah masuk banyak . Jadi saya harus banyak banyak mikir . Untuk kemampuan bhasa inggris saya lumayan,tinggi 163cm. tapi saya masih belum mncapai berat ideal . kalau gigi tidak rata bagaimana pa ? . Terimakasih . Maaf sebelumnya🙂

    1. jaminan kerja? sebagai pramugari? sepengetahuan saya untuk menjadi pramugari wajib test masuk bukan wajib sekolah pramugari,

      Pendidikan dasar atau biasa disebut initial sebagai FA kurang lebih 3 bulan saja.

      Kalau yang merekrut langsung dari airlines sih bisa jadi pertimbangan tapi kalau jaminan kerja dari sekolah pramugari coba tanyakan apa jaminannya kalau tidak kerja sebagai pramugari, apakah uang dikembalikan atau apa?

      20 juta kalau saya sih digunakan untuk sekolah S1 saja karena nanti kesempatan kerjanya lebih banyak dan sambil sekolah bisa juga melamar sebagai FA

  12. Selamat malam Pak Eko. Saya Anita,saat ini saya sangat sangat berkeinginan untuk menjadi seorang Pramugari. Apapun yg berhubungan dengan Pramugari saya selalu terteguh membaca nya Pak. Yg saya pikirkan disini adalah apakah ketika sebuah perusahaan membuka lowongan bagi yg ingin menjdi seorang Pramugari,apakah mungkin ketika kita tidak masuk ke sekolah Pramugari kita dapat diterima diperusahaan tersebut Pak Eko? Keinginan saya untuk menjadi seorang Pramugari sangat besar Pak,tetapi saya juga minus mata. Lalu lebih baik nya bagaimana ya Pak? Mohon balasannya dan termakasih banyak Pak.

    1. Selamat malam Anita, agar tidak berandai-andai mari kita cermati fakta yang ada saja sebagai berikut:

      1. Baca tulisan di atas dan lihat persyaratan untuk melamar pramugari, apakah ada syarat harus ada ijazah sekolah pramugari? Tidak ada kan?

      2. Silakan tanya teman-teman yang sudah jadi pramugari, apakah seluruh pramugari di perusahaan mereka pernah sekolah di sekolah pramugari? pasti jawabannya tidak semua pernah sekolah pramugari.

      3. Semua pramugari yang baru masuk pasti menjalani pendidikan dasar yang biasa disebut initial course.

      Dari fakta di atas tentunya dengan mudah akan dapat jawaban bahwa sekolah pramugari dalam artian sekolah selain initial course yang diselenggarakan airlnes bukanlah syarat untuk bisa diterima jadi pramugari.

      Pada saat pertama melamar pramugari tidak ada syarat menunjukan ijazah kursus sekolah pramugari.

      Mengenai mata minus saya tidak berani mengatakan boleh atau tidak karena yang akan menentukan adalah perusahaan tempat anda melamar dan akan diketahui keputusannya setelah menjalani test kesehatan atau dapat dilihat di persyaratan awal dari mereka.

  13. Akan saya pertimbangkan kembali bapak Eko,karena kebetulan orang tua menginginkan saya untuk masuk ke Universitas karena kebetulan saya anak tunggal jadi ijin untuk cita cita saya belum mendapat lampu hijau. Tetapi terimakasih atas waktu dan balasannya Bapak,sangat-sangat membantu:)

  14. ass maaf mautanya saya rizki.walau saya baru kelas 2 smp cita cita saya ingin jadi pramugara.pertanyaan saya : lebih baik saya ambil jurusan apa nanti di sma ?

  15. Mau tanya pak kalau institute international airline pekanbaru alamat Jl.ARIFIN AHMAD NO.90 Pekanbaru_Riau , benar atau tidak pak katanya hanya 3 bulan dan di carikan kerjanya…saya sih sudah ke tempatnya langsung udah tes tulis,wawancara,cek tinggi dan berat badan saya di nyatakan lulus…cuma katanya mulai masuk sekitar bulan 5 Apa benar tu pak?

    1. mohon maaf mbak Liza, saya baru dengar dari mbak mengenai sekolah tersebut jadi tidak bisa berkomentar banyak mengenai sekolah tersebut. Mengenai masa belajar 3 bulan bisa saja mbak karena setiap sekolah mempunyai kebijakan masing2. dan kalau dicarikan kerja memang hal biasa banyak sekolah, caranya bisa bermacam-macam seperti memberi info lowongan kerja di beberapa perusahaan dll.

      Untuk referensi pastinya bisa coba tanyakan kepada teman-teman di kota tersebut.

      Satu lagi mbak, “dinyatakan” bukan ” di nyatakan” artinya berbeda lho🙂

    2. Maaf mbak jadi bagaimana kelanjutan prosesnya mbak?
      Apakah itu hanya penipuan??
      Soalnya kmren aii ini jga dtg ke sekolah adik saya

    1. mbak Endang Wahyu, jembatan untuk menjadi pramugari adalah lulus test yang diadakan oleh perusahaan penerbangan terkait, selain itu coba cermati syarat untuk mendaftar sebagai pramugari, syarat pendidikan adalah SMA atau sederajat, jadi tanpa sekolah pramugari anda tetap dapat mendaftar untuk mengikuti seleksi pramugari.

  16. Selamat siang teman2 semuanya, saya ingin sharing yg sekiranya bisa bermanfaat untuk rekan2 dalam menentukan langkah kedepan mengenai perlu atau tidak sekolah profesi. Kebetulan saat ini saya seorang instructor di salah satu airlines swasta dan untuk hal yg sudah dibahas oleh pak eko diatas itu memang benar adanya. Dan untuk institusi yg bisa memberikan FAC hanya dari DKUPPU.
    Namun tiap operator (airlines) di Indonesia akan memberikan serangkaian pendidikan dan test yg wajib diikuti oleh calon FA tersebut, dimana untuk pengecheckan tahap akhir akan di check oleh CSI (Cabin Safety Inspector) atau oleh DFAER (perwakilan DKUPPU yg berada di operator tersebut) sehingga apabilan calon FA tersebut dinyatakan passed sebagai FA dengan rating yg ada pada operator tersebut maka akan mendapatkan TAC (Temporary Airman Certificate), sementara sambil menunggu untuk endorse FAC (Flight Attendant Certificate) yg dimana FAC ini adalah certificate resmi yg berlaku untuk menjadi FA dan sah dari DKUPPU.

    Jadi untuk kualifikasi dari perusahaan sebenarnya sesuai dengan info recruitment yg sudah di publish, namun apabila rekan2 merasa perlu sekedar untuk menambah wawasan silahkan untuk sekolah profesi tersebut.
    Namun dimana sekolah profesi tersebut tidak menjamin anda akan menjadi seorang FA yg memiliki FAC.

    Itu yg saya tau sampai saat ini.

    Terima Kasih

  17. Banyak banget yang mau jadi FA, Semangat ya kawan… Gue tunggu kalian untuk terbang di langit yang sama walaupun dengan burung besi berbeda.

  18. maaf pa eko saya mau nanya .. saya baru sekolah kelas 2 smk , jurusan smk saya perhotelan lebih ke pariwisata … rencana lulus saya mau melanjutkan ke perguruan tinggi penerbangan ( S1 ) .. apakah setelah lulus kuliah saya dengan gampang dapat menerima pekerjaan sebagai pramugara ?

    1. saya quote pertanyaan anda ya mas,

      “apakah setelah lulus kuliah saya dengan gampang dapat menerima pekerjaan sebagai pramugara ?”

      yang saya tangkap dari pertanyaan ini adalah ada perusahaan yang menawarkan anda jadi pramugara,

      Berarti tergantung anda sendiri mas apakah mau menerima atau tidak karena anda ditawari bukan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

  19. Saya mau tanyak pak eko. Saya berminat untuk tes pramugara, saya saat ini lagi kuliah di fakultas pertanian dan tinggal berapa bulan lagi selesai kuliah. Saya minat untuk tes FA. apakah tamatan S1 pertanian bisa mengikuti tes tersebut.???

    1. berdasarkan brosur, pengumuman dan berita-berita penerimaan pramugari yang pernah saya baca, tidak pernah disebutkan bahwa salah satu syarat menjadi pramugari adalah sekolah kursus pramugari.

      Syarat menjadi pramugari mudah saja mbak, lulus tes penerimaan pramugari, hanya itu saja kok

  20. Pak saya mau daftar pramugari dari daerah pontianak, maaf sebelum nya kalo dari pontianak kantor buat pendaftaran nya dimana pak ?

  21. mau nnaya pak jika ada orang yang menawarkan cara belakang atau nyogok menyalurkan uang itu gmna ya ? apakah itu nyata untuk kita dapat menjadi pramugara tanpa tes

  22. Permisi, saya kelas 3 smp dari sd saya sudah bercita-cita menjadi seorang pramugari nanti setelah kelulusan ini saya ingin masuk ke smk dengan jurusan perhotelan apakah sejalan dengan cita-cita saya?
    Apakah pada dasarnya menjadi pramugari lebih difokuskan pada penguasaan bahasa asing(inggris), jika jawabannya “ya” saya rasa harus lebih menguasainya dengan baik

  23. Salam…
    Pak eko saya mau bertanya,ijazah terakhir saya hilang dan sudah d ganti dgn surat keterangan pengganti ijazah dr dinas pendidikan,polres dan sekolah asal,berikut ttd saksi dan ttd d atas matrai,dan d tanda tangani oleh kepala sekolah,apakah ketika tes askam akan d anggap sah? Kebetulan saya sdg proses di maskapai indonesia,saya takut kalau surat itu tidak sah.. Mohon d jawab,terimakasih bnyak.

  24. Maaf, kalau ada gigi rusak disamping depan, tpi hnya sedikit. Apakah masih ada kemungkinan diterima saat mendaftar jadi pramugari?
    Tolong balasannya.. Makasih😊

  25. sore pak, saya mau nnya saya kn sekolah di SMK jurusan Pariwisata
    saya punya cita2 jd seorang pramugari,apakah lulusan pariwisata bisa jadi seorang pramugari?

  26. Pencerahan banget
    Makasih pak Eko tentang tulisannya.
    Drpd uang segitu dibuang sia2 untuk sekolah lebih baik buat kursus b.Inggris dan memperbaiki penampilan agar lebih menarik .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s